Yang Wajib Diketahui Saat Beli Helm

JogjaUpdate.com (28/7/17), Helm adalah kelengkapan wajib yang harus dikenakan saat mengendarai sepeda motor. Kelengkapan yang sangat penting untuk keselamata ini sebenarnya tidak boleh sembarangan dalam pemilihannya. Karena pentingnya, jangan sampai salah saat beli helm.

Seperti yang dimuat Metrotvnews.com, Menurut Brand Technical Support Cargloss Proriders, Irwan memberikan tips dalam memilih helm. Yang pertama adalah memilih helm dengan cangkang keras. Dengan begitu, cangkang bisa berfungsi untuk melindungi kelapa saat terjadi hantaman benda keras.

Menurutnya, banyak orang salah memilih helm yang memiliki cangkang lentur. “Banyak yang salah kaprah soal helm. Demi faktor keselamatan harus mencari helm yang lentur. Memang harus dicari yang lentur dan lembut di bagian busa. Tapi untuk cangkang. Tetap pilih yang keras,” ujar Irwan.

Karena itu, ia menyarankan untuk memeriksa cangkang helm sebelum membelinya. Untuk memeriksanya bisa dengan cara menekan kedua sisi lubang di bagian kepala sekuat tenaga. “Kalau cangkang bagus dan keras, lubang untuk kepala ini tidak akan berubah. Kalau yang tidak bagus, lubang kepala di helm akan berubah saat ditekan,” saran Irwan.

Sedangkan menurut yang dimuat OtoBoy.com, yang pertama harus diperhatikan adalah kelengkapan sertifikasi standar keselamatan. Biasanya dilihat dari penempelan stiker seperti SNI, DOT dan lain-lain. Namun pastikan kalau stiker standar keselamatan ini asli, bukan abal-abal.

Kemudian saat beli helm, perhatikan ukurannya. Pastinya tersedia beberapa pilihan ukuran helm mulai dari M, L, XL, dan XXL. Cara mengukurnya pun terbilang mudah, cobalah kenakan helm beberapa detik. Jika kepala terasa sakit, berati kekecilan dan pilihlah ukuran diatasnya. Namun jangan juga pilih yang terlalu longgar, karena mudah terlepas ketika berkendara.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like