5 Cara Amankan Helm Dari Pencuri Ketika Parkir Di Tempat Umum

JogjaUpdate.com (17/8/17), Helm merupakan kelengkapan keselamatan wajib yang harus dikenakan ketika berkendara sepeda motor. Karena harganya yang tidak murah, helm ini sering jadi sasaran para pencuri apalagi ketika parkir di tempat umum. Karena itulah, amankan helm dari pencuri.

Biasanya helm cuma ditaruh di atas jok, atau dicentelkan di spion sepeda motor. Cara ini sangat tidak aman, dan memudahkan pencuri untuk mengambilnya. Lalu bagaimana cara mengamankan helm yang berharga ini dari tangan-tangan pencuri? Tenang berikut ini ada cara-cara ampuh:

1. Kunci

Beberapa jenis sepeda motor memiliki kunci khusus untuk menyantolkan helm. Biasanya untuk sepeda motor jenis bebek atau scooter-matic ada di sekitaran samping bawah jok. Kamu bisa memanfaatkan untuk mencantolkan tali helm disana. Namun masih tetap beresiko, kalau malingnya niat bawa pisau untuk memotong tali helm

2. Gembok

Ada sejumlah kunci atau gembok khusus helm yang bisa kamu dapatkan di tokok aksesoris motor dan helm. Ada yang berbentuk gembok, ada yang berbentuk seperti rantai dengan kunci pengaman. Kamu bisa menggunakannya untuk mengikat helm dengan setang atau bagain sepeda motor.

Cara ini paling efektif digunakan untuk helm fullface saja, helm half-face atau open-face masih beresiko hilang. Karena helm seperti ini bisanya cuma mengandalkan tali helm atau cantolan logan untuk digembok. Yang membuat pencuri bisa memutuskan talinya menggunakan pisau atau gunting.

3. Bagasi

Beberapa sepeda motor baru, terutama scooter-matic telah memiliki bagasi yang cukup lapang yang muat untuk menyimpan helm. Dengan menaruh helm di bagasi speda motor ini, terhitung sangat aman. Namun biasanya hanya muat satu helm saja. kalau boncengan trus helm satunya mau ditaruh dimana?

4. Bawa

Cara lain untuk mengamankan helm adalah membawanya, jangan meninggalkan di sepeda motor. Memang agak ribet karena harus menenteng helm yang pastinya berukuran lebih besar dari kepala. Namun cara ini sangat ampuh menghidari kemalingan helm di tempat parkir. Tapi bisa jadi hilang karena lupa menaruhnya dimana.

5. Titipkan

Beberapa tempat parkir kini juga menyediakan tempat untuk penitipan helm. Biasanya tempat-tempat parkir resmi telah memiliki fasilitas seperti ini. Helm kamu akan aman terjaga dan terhindar dari tangan-tangan pencuri. Namun biasanya kamu harus mengeluarkan biaya lebih sebagai timbal balik jasa penitipan helm ini.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like