Apa Saja Penyebab Suara Serak? Ini Beberapa Diantaranya

JogjaUpdate.com (21/8/17), Suara serak memang bukan gangguan kesehatan yang sangat kritis, namun cukup mengganggu dan menghambat aktivitas. Kadang suara serak ini tiba-tiba datang tanpa disadari dan tidak diketahui darimana. Lalu apa saja sih penyebab suara serak ini?

Menurut yang dimuat Step to Health, ada macam-macam hal yang bisa jadi penyebab suara serak. Beberapa diantaranya memang dari hal-hal disekitar atau bisa juga hal yang dilakukan sebelumnya. Namun juga ada kaitannya dengan gangguan kesehatan atau penyakit yang dialamai. Apa saja penyebabnya? simak berikut ini:

1. Merokok

Merokok tidak hanya mempengauhi para-para dan pernafasan saja, tapi juga bisa menyebabkan kanker pita suara (laring) rusak. Jika memang kamu seorang perokok dan sering mengalami serak, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Karena bila terdeteksi sejak awal, biasanya bisa disembuhkan.

2. Nodul dan Polip

Keduanya memang hal yang berbeda, namun merupakan benjolan yang muncul pada pita suara. Fenomena ini ibarat kapan di kaki akibat menggunakan alas kaki yang tidak tepat. Dalam kasus ini, jika dipaksakan untuk berbicara terlalu banyak akan membuat aparatus suara kita terluka.

Namun kedua masalah ini masih bisa diobati. Nodul bisa hilang dengan menghentikan atau mengurangi berbicara dalam kurun waktu tertentu. Jika tidak hilang, makan operasi harus dilakukan. Sedangkan untuk polip, biasanya dikeluarkan langsung dengan melakukan tindakan operasi.

3. Refluks Gastroesophageal

Sakit maag yang disertai rasa tidak enak menandakan bahwa tubuh memiliki asam refluks yang sangat berbahaya. Asam refluks ini bisa secara bertahap merusak organ yang bersentuhan dengannya. Hal ini bisa ditangani dengan mengonsumsi makanan yang lebih ridan dan mudah dicerna.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like