7 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

JogjaUpdate.com (28/4/17), Setelah membahas pengolahan petai mana yang paling enak, digoreng, direbus, dibakar, atau dimakan mentah? Lalu nutrisi apa saja yang terkandung dalam Petai. Diketahui kalau Petai yang dikenal baunya ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Dan berikut ini ada 7 manfaat petai bagi kesehatan.

1. Meredakan Depresi

Petai ini dipercaya dapat meredakan depresi yang terjadi pada seseorang. Bagaimana bisa? Ternyata dalam Petai ini terkandung zat tryptophan, semacam protein yang dapat diubah menjadi serotonin yang dapat membuat relaks. Selain itu juga meningkatkan mood, dan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman.

2. Mencegah Anemia

Anemia, atau kekurangan zat besi dalam tubuh yang dapat menyebabkan produksi hemogoblin tak tercukupi. Dan ternyata Petai ini memiliki kandungan zat besi yang sangat kaya, sehingga mendorong produksi hemogoblin. Dengan mengkonsumsi Petai, dapat mencegah gejala-gejala anemia seperti letih, lemah, lesu, lunglai, dan lemas.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa penelitian mengatakan bahwa buah pete dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Petai ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, tetapi rendah garam. Bahkan US Food and Drug Administration memberikan izin bagi industri Petai untuk mengklaim produknya sebagai pencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

4. Mengobati Sembelit

Walau buah ini bau, Petai memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu memulihkan fungsi pencernaan. Dengan mengonsumsi Petai yang banyak, dapat mengatasi masalah sembelit tanpa harus menggunakan obat. Namun konsekuensinya ya bau yang harus dirasakan seisi rumah.

5. Menjaga Gula Darah

Dengan mengkonsumsi Petai diantara waktu makan, dipercaya dapat menjaga level gula darah. Karena Ekstrak khloroform dapat menghasilkan penurunan gula darah yang pasti. Selain itu juga dapat menghindari dari gejala morning sickness alias mual-mual, kecuali bagi yang tidak suka baunya.

6. Kekuatan Otak

Dalam Petai ini juga diketahui kaya akan kandungan Kalium yang baik bagi otak. Dengan kandungan ini, petai dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif. Sangat cocok bagi siswa-siswi, karena membantu dalam menyerap pelajaran atau ilmu baru lainnya. Siswa menjadi lebih waspada dan juga ada peningkatan pada kemampuan mengingatnya.

7. Maag

Tidak hanya kaya akan serat yang baik bagi pencernaan, Petai juga mampu meredakan Maag. Karena Petai ini dipercaya dapat menetralisir keasaman dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan lambung. Karena tekturnya yang lembut, petai juga satu-satunya buah mentah yang dapat dikonsumsi tanpa menyebabkan distress jangka panjang.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like