Ini Tanda-tanda Kamu Perlu Kacamata Baru

JogjaUpdate.com (08/03/18), Kacamata diciptakan untuk membantu mereka yang memiliki gangguan penglihatan. Pemilihan kacamata bukan sekali untuk seumur hidup. Karena ada saatnya kamu memerlukan kacamata baru menggantikan yang lama.

Baca: Tanda-Tanda Kamu Sudah Membutuhkan Kacamata

Idealnya, kacamata harus diganti secara berkala untuk menyesuaikan kondisi penggunanya. Dan kondisi penggunanya dapat berubah dengan seiring bertambahnya usia dan banyak faktor lainnya. Karena itulah, suatu saat penggunanya akan membutuhkan kacamata baru.

Lalu bagaimana caranya mengetahui seseorang sudah membutuhkan kacamata baru? Berikut ini beberapa tanda-tandanya menurut yang dimuat klikdokter.com (26/12/16):

1. Sering pusing atau mual

Mata memiliki mekanisme untuk memfokuskan pandangan pada suatu titik yang dilihat pada jarak tertentu. Bagi yang memiliki gangguan penglihatan, mekanisme ini menuntut otot mata bekerja lebih keras. Jika kacamata yang digunakan tidak lagi sesuai, maka otot mata bakal bekerja lebih berat lagi.

Jika otot mata bekerja lebih berat, dapat mengakibatkan rasa lelah pada mata, pusing hingga nyeri kepala. Jika kamu pengguna kacamat dan sering merasakan tanda-tanda ini, mungkin saatnya kamu mengganti kacamata.

Baca: Ini 4 Tips Memilih Kacamata Yang Nyaman

2. Sering memicingkan mata karena pandangan kabur

Memicingkan mata adalah bentuk penyesuaian dari mekanisme fokus pandangan. Orang yang memiliki gangguan penglihatan biasanya akan refleks memicingkan mata jika pandangannya kabur. Jika kamu sudah memakai kacamata namun masih memicingkan mata, tandanya kamu butuh ganti kacamata.

3. Lebih dari setahun tidak periksa mata

Penderita gangguan mata sebaiknya memeriksakan matanya secara rutin. Idealealnya dilakukan setiap satu tahun sekali, untuk mengetahui kondisi terakhir mata. Jika dilakukan secara rutin, resep kacamata juga akan semakin stabil. Dan frekuensinya yang tadinya 1 tahun sekali bisa berubah menjadi 2 atau 3 tahun sekali.

Baca: Apa Itu Mata Silinder (Astigmatism)? Ini Penjelasannya

Perlu diketahui, memakai kacamata yang tidak sesuai dengan kebutuhan dalam jangka waktu panjang bisa berdampak buruk. Jangan sepelekan kacamata kamu, karena alat ini sangat penting dalam keseharianmu. Segeralah ganti kacamacata baru ketika membutuhkannya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like