Tanda-tanda Menjalani Pola Makan Buruk

JogjaUpdate.com (2/9/17), Kebiasaan sehari-hari juga akan berdampak pada kesehatan tubuh, termasuk dengan pola makan. Menjalani pola makan buruk, akan berdampak tidak baik bagi kesehatan tubuh. Tapi kadang, orang tidak menyadari kalau dirinya sedang menjalani kebiasaan buruk ini.

Tubuh manusia, mempunyai cara sendiri untuk memberitahu ada yang tidak beres dengan kondisinya. Begitu juga dengan pola makan buruk, akan menimbulkan beberapa tanda atau gejala yang tidak biasa. Berikut ini tanda-tanda jika kamu memiliki pola makan buruk menurut yang dimuat style.tribunnews.com:

1. Rambut Rusak

Folikel rambut adalah bagian tubuh pertama yang akan menderita akbibat pola makan yang tidak sehat. Seperti diet yang terlalu ketat sampai kelaparan, akan membuat kekurangan protein shingga rambut akan kaku bahkan sampai rontok. Kondisi ini juga dapat disebabkan tubuh kekurangan asam lemak, vitamin C, zinc, dan zat besi.

2. Kerutan

Semua orang pada saatnya nanti pasti akan keriput, namun pola hidup tidak sehat akan mempercepatnya. Tanda-tanda penuaan dini akan muncul jika kekurangan asupan makan tinggi vitamin A, C, dan D, serta antioksidan. Menurut hasil studi tim dari Universitas State Oregon, kandungan tersebut dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat.

3. Penyakit Gusi dan Gigi

Jika sering mengalami gusi berdarah atau nyeri gigi, kemungkinan karena ada gangguan kesehatan tersembunyi. Kebiasaan seperti merokok dan konsumsi alkohol adalah salah satu penyebabnya. Konsumsi gula berlebih juga bisa menjadi salah satu pemicunya. Sisa-sisa gula di gigi bisa memicu timbulnya plak dan akan melubangi gigi.

4. Berat Badan Naik Atau Turun Dengan Cepat

Kenaikan berat badan atau penururan berat badan secara cepat dan drastis perlu diwaspadai. Apalagi yang terjadi bukan karena pola hidup sehat. Berat badan yang turun tiba-tiba bisa disebabkan karena kurang gizi akibat beberapa jenis penyakit. Sementara itu, kegemukan merupakan efek dari konsumsi makanan tinggi kalori, tinggi lemak, namun minim nutrisi.

5. Gangguan Pencernaan

Jika perut terasa tidak nyaman setelah makan, seperti merasa kembung, mulas, nyeri atau sulit untuk buang air besar, bisa jadi itu adalah pertanda kamu menjalani pola makan buruk. Salah satunya adalah karena kekurangan serat, untuk itulah direkomendasikan mangasup serat sekitar 25 hingga 35 gram setiap harinya.

6. Mudah Sakit

Pastinya, dengan pola makan yang tidak sehat akan membuat daya tahan tubuh melemah. Jika merasa sering sakit, sebaiknya kamu mengevaluasi gaya hidup yang selama ini dijalani. Mulailah dengan memperhatikan pola makan, kemudian aktivitas fisik, dan rutinitas tidur.

7. Luka Sulit Sembuh

Menemukan luka kecil di kulit namun lama proses penyembuhannya? Bisa jadi ini karena menjalani pola makan tidak sehat sehingga tubuh kekurangan nutrisi. Pastikan agar makanan yang dikonsumsi mengandung cukup kaloran dan tinggi vitamin. Kamu juga perlu mengonsumsi buah dan sayuran, serta lemak sehat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like