Inilah 7 Makanan Sehat Yang Mampu Mencegah Jerawat

JogjaUpdate.com (11/02/18), Memiliki kulit sehat bersih dari jerawat adalah sesuatu yang didambakan banyak orang, bukan cuma wanita namun juga pria. Sayangnya, banyak penyebab munculnya jerawat seperti stres, kelelahan, hingga perubahan cuaca. Lalu bagaimana caranya mencegah jerawat dengan cara yang mudah dan sehat?

Baca: Tidak Hanya Pernapasan, Polusi Udara Juga Merusak Kulit

Ternyata apa yang kita konsumsi juga bisa berdampak pada kesehatan dari kulit wajah. Dan beberapa makanan sehat dipercaya ampuh mencegah jerawat. Dengan makanan sehat, selain wajah bebas jerawat sekaligus dapat manfaat kesehatannya. Apa saja makanan sehat yang mampu mencegah jerawat? berikut ini diantaranya menurut hellosehat.com:

Baca: Letak Jerawat Mengungkap Kondisi Kesehatan Menurut Kepercayaan Kuno

1. Alpukat

Buah alpukat dikenal dengan nutrisinya yang banyak dan baik untuk kesehatan. Alpukat kaya akan vitamin E yang bisa meningkat kelembapan dan kekenyalan kulit sehingga menjaganya awet muda. Tidak hanya itu, alpukat juga kaya dengan vitamin C yang baik mengurangi peradangan kulit dan sebagai pelembap alami.

2. Kacang-kacangan

Banyak yang beranggapan kalau kacang-kacangan bisa menyebabkan jerawat, namun kacang apa dulu yang kamu makan. Ada kacang-kacangan sehat yang ternyata mampu mencegah jerawat karena banyak mengandung mineral seperti tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, serta zat besi yang baik untuk kesehatan kulit.

Baca: 7 Kebiasaan Yang Membuat Cantik Alami

3. Anggur Merah

Buah anggur merah kaya akan kandungan bahan kimia dan antioksidan yang membantu mengobati peradangan kulit seperti psoriasis dan eksim. Tidak hanya itu, buah anggur merah juga dapat membantu mengatasi efek samping dari reaksi alergi pada kulit.

4. Nasi Merah 

Nasi merah selama ini dikenal sebagai makanan sehat karena kaya akan serat dibandingkan nasi putih biasa. Nasi merah juga kaya akan vitamin B, magnesium, protein, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Vitamin B juga dipercaya mampu mengurangi stres kulit dengan membantu kadar hormon dalam tubuh sehingga mencegah munculnya jerawat.

Baca: Inilah Bahaya Konsumsi Gula Berlebihan Bagi Kulit

5. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai sayuran sehat sebagai pembersih kulit secara alami dari dalam. Dalam brokoli terkandung vitamin A, B, C, E, dan K yang baik untuk kesehatan. Selain itu antioksidan yang terkandung dalam sayuran ini mampu membantu melawan kerusakan kulit dan membuatnya bercahaya.

6. Ikan

Konsumsi ikan akhir-akhir ini sedang digalakkan karena mengandung banyak nutrisi dan harganya cukup terjangkau. Ternyata nutrisi dalam ikan juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Salah satu penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin mengungsumsi ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel memiliki kulit yang lebih terlindungi dari jerawat.

Baca: Ini 7 Manfaat Makan Ikan Bagi Kesehatan

7. Bawang Putih

Sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Termasuk untuk kesehatan kulit, karena mengandung allicin yang berfungsi sebagai antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh mencegah jerawat.

Baca: Ini 5 Makanan Yang Mebuat Kulit Berkilau Secara Alami

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like