Kebiasaan Jaman Sekarang Yang Bikin Susah Tidur

JogjaUpdate.com (21/8/17), Susah tidur di malam hari ini memiliki banyak pemicu yang berasal dari kebiasaan sehari-hari. Apabila kebiasaan ini terus-terusan dilakukan, akan membuat waktu tidur semakin berkurang. Dan kebiasaan apa saja yang bisa menyebabkan jadi susah tidur?

Menurut yang dimuat BBC.com, ada beberapa kebiasaan jaman sekarang yang memicu susahnya tidur di malam hari. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak berikut ini:

1. Minuman Kafein Tinggi

Seperti diketahui, kafein membuat tubuh jadi lebih berjaga. Apalagi beberapa minuman jenis kopi yang populer mengandung kafein tinggi. Dan semakin banyak orang yang sengaja meminum kafein tinggi untuk tetap terjaga di malam hari. Ini bisa memicu kebiasaan tidur menjadi tidak teratur, dan menyebabkan susah tidur tepat waktu.

2. Pendingin Ruangan Di Malam Hari

Secara tidak sadar, pendingin ruangan juga menumbang peran besar untuk masalah susah tidur. Karena secara normal, tubuh seharunya bisa menyesuaikan diri dengan suhu udara di sekitarnya. Ketika malam dengan suhu yang lebih rendah, tubuh akan otomatis merangsang untuk istirahat dan bangun ketika matahari sudah menghangatkan.

3. Main Gadget Sebelum Tidur

Gadget sudah menjadi bagian penting yang susah dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Secara tidak langsung, gadget ini juga menyumbang penyebab susah tidur. Cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget, akan menghentikan pengeluaran hormon melatonin. Padahal hormon ini yang bertanggungjawab memberikan sinyal istirahat.

4. Menyalakan Lampu Kamar

Lampu kamar juga bisa sebagai penyumbang kenapa susah untuk tidur di malam hari. Apalagi lampu sekarang banyak yang sudah menggunakan teknologi LED. Lampu jenis ini juga mempengaruhi proses hormon melatonin, yang menyulitkan tubuh untuk menjadi nyaman. Karena kondisi yang menyamai keaandan siang hari, sehingga semakin susah tidur.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like