Apa Itu Banaspati, Sosok Api Yang Beterbangan

JogjaUpdate.com (26/12/2018), Penarh dengan Banaspati? Apa itu Banaspati, apakah sosok menakutkan? Sosok ini dikenal sebagai salah satu makhluk halus yang ada di mitos Jawa.

Memang sosok Banaspati tak sepopuler makhluk halus lainnya. Seperti Genderuwo, wewe gombel, kuntilanak, hingga kalah populer dari tuyul.

Baca Juga: Jebul Genderuwo Tak Hanya Di Indonesia Saja

Lalu apa itu Banaspati, apakah menakutkan juga seperti makhluk halus lainnya? Ya, pastinya banyak yang takut dengan sosok makhluk halus ini.

Menurut mitos yang berkembang di Jawa, Banaspati adalah sosok makhluk halus yang memiliki wujud seperti api. Atau elemen utamanya adalah api.

Disebutkan juga kalau Banaspati ini seperti bara api yang beterbangan. Ada punya yang menyebutkan berbentuk bola api atau pusaran api yang terbang.

Biasanya Banaspati terbang rendah dari satu tempat ke tempat lain. Sosok menyerampakn ini juga disebutkan kalau tak segan-segan membakar manusia yang mengganggunya.

Baca Juga: Mengenal Phasmofobia, Rasa Takut Dengan Hantu Yang Berlebihan

Dari kisah yang bertebaran, ada dua macam Banaspati yang dikenal masyarakat Jawa. Keduanya dibedakan dari wujudnya dalam menampakkan dini. Apa saja?

1. Banaspati Geni

Jenis ini dipercaya sebagai sosok api yang terbakar di udara dan melayang-layang. Tidak terlihat apa yang ada di inti api ini.

Dipercaya kekuatan utama Banaspati Geni berasal dari rasa takut orang. Ketika orang makin takut, api dari Banaspati ini akan semakin besar.

Semakin besar api yang menyala, semakin mudah bagi Banaspati Geni untuk memangsa manusia yang diincarnya.

2. Banaspati Tanah Liat

Jenis ini dipercaya banyak bermunculan di hutan. Dipercaya, Banaspati Tanah Liat ini akan memangsa dengan menyedot darah sampai habis.

Disebut Banaspati Tanah Liat karena dipercaya cuma mengincar manusia di hutan yang tidak memijakkan kakinya di tanah.

Karena itu, banyak yang percaya untuk menghindari Banaspati Tanah Liat ini dengan cara berjalan di tanah tanpa alas kaki.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Wewe Gombel

Mitos Banaspati ini memang banyak beredar di masyarakat Jawa. Namun bukan berarti tidak berarti popularitasnya hanya di Jawa saja.

Banyak yang penasaran apa itu Banaspati, sehingga tak heran popularitasnya sampai ke mana-mana. Sayangnya memang tidak sepopuler makhluk halus lainnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like