Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Wewe Gombel

JogjaUpdate.com (02/05/18), Ada banyak kisah-kisah makhluk halus yang populer di masyarakat. Dari Pocong, Kuntilanak, Sundel Bolong, Wewe Gombel, Banaspati dan masih banyak lagi. Kali ini mari kita bahas lebih dengan apa itu Wewe Gombel.

Baca: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Kuntilanak

Wewe Gombel juga sering disebut dengan nama Nenek Gombel, ada juga yang menyebutnya Kolong Wewe. Kisah makhluk halus yang satu ini memang lebih banyak beredar di masyarakat Jawa terutama Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lalu apa itu Wewe Gombel?

Sosok Wewe Gombel biasanya digambarkan sebagai sosok wanita tua keriput dengan payudara yang terlihat panjang dan menggantung. Ada yang menyebutkan kalau sosok ini berasal dari kawasan Gombel di Semarang. Namun ada yang mempercayai dari sekitaran Klaten, Solo, Wonogiri, dan Yogyakarta.

Keberadaan Wewe Gombel ini diperkuat dengan penemuan sejumlah kutang atau BH di daerah Wedi, Klaten. Ditemukan belasan BH dengan ukuran yang tidak wajar bagi seorang perempuan. Penemuan ini bukan sekali saja, namun telah beberapa kali.

Baca: Jebul Kuntilanak Dan Sundel Bolong Itu Beda, Jangan Disama-Samain

Dikisahkan sosok Wewe Gombel ini suka menculik anak kecil yang keluyuran sendiri saat menjelang petang. Tidak heran kisah Wewe Gombel sering dipakai orang tua untuk menakut-nakuti anak-anak agar tidak main saat menjelang petang.

Namun dalam kisah yang lain, Wewe Gombel ini tidak sembarangan menculik anak kecil. Dikisahkan kalau ia hanya menculik anak kecil yang ditelantarkan atau tidak diurus dengan baik oleh orang tuanya. Juga suka mengganggu orang tua yang tidak baik kepada anaknya.

Wewe Gombel baru berhenti mengganggu atau mengngembalikan anak yang diculiknya jika si orang tua telah sadar akan perbuatannya. Sosok Wewe Gombel disebutkan membenci orang tua yang tidak memperlakukan anak mereka dengan baik.

Baca: Aslinya, Lagu Lingsir Wengi Bukan Pemanggil Kuntilanak

Ini berhubungan dengan kisah asal usul kisah Wewe Gombel. Menurut yang dimuat hantupedia (23/12/16), Wewe Gombel berasal dari roh wanita yang bunuh diri karena dikejar warga setelah membunuh suaminya yang selingkuh. Menurut cerita, sang suami selingkuh karena si wanita ini tidak bisa memberikan anak.

Namun cerita lain mengisahkan Wewe Gombel dahulunya adalah wanita yang diceraikan oleh suaminya karena mandul. Dia tertekan dan sakit-sakitan, lalu akhirnya meninggal. Rohnya tidak tenang di alam baka, sehingga menjelma menjadi Wewe Gombel.

Entah kisah mana yang benar, namun sosok Wewe Gombel ini banyak dikisahkan turun temurun. Namun pesan dari kisah Wewe Gombel ini adalah jangan biarkan anak kecil main keluar sendirian saat hari telah petang. Mungkin tidak ada makhluk halus, namun ada manusia yang berniat jahat di luar sana.

Sumber:
http://hantupedia.com/wewe-gombel-hantu-penculik-anak-kecil/
https://en.wikipedia.org/wiki/Wewe_Gombel

Baca: Penampakan Sosok Penunggu Terowongan Medari

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like