6 Kisah Legenda Horor di Kampus Jogja

JogjaUpdate.com (22/2/17), Setelah sebelumnya dibahas mengenai lokasi-lokasi angker di Jogja, kini kita bahas kisah horor. Kisah horor yang kini kita bahas adalah legenda-legenda horo di Kampus Jogja. Karena ternyata banyak kisah legenda horor yang merebak di kalangan mahasiswa di Jogja. Berikut ini 6 kisah legenda horor di kampus Jogja:

1. Mbak Yayuk Mahasiswi Abadi Fakultas Ekonomi UGM

Kisah hantu Mbak Yayuk seorang mahasiswi abadi ini terkenal dikalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM). Kono kisahnya, Mbak Yayuk adalah mahasiswi angkatan lama yang skripsinya ditolak berkali-kali. Diduga stres mengerjakar skripsi, ia bunuh diri.

Kabarnya sosok Mbak Yayuk masih sering menampakan diri di sekitar Fakultas Ekonomi UGM. Bahkan katanya sering tertangkap kamera CCTV juga. Sosok Mbak Yayuk ini mirip dengan mahasiswi biasa, namun penampilannya jadul. Yang tidak tahun kisah ini mungkin mengira Mbak Yayuk hanya mahasiswi biasa dengan penampilan jadul saja.

 

2. Dilarang Menyanyi Lagu Gugur Bunga di Bundaran Teknik UGM

Sebagai salah satu kawasan dengan banyak gedung tua dan salah satu perguruan tinggi tua, Universitas Gadjah Mada (UGM) punya banyak cerita mistis. Salah satunya yang terkenal akan kisah mistisnya adalah Bundaran Teknik UGM. Di Bundaran Teknik UGM ini ada pantangan atau larangan menyanyikan lagu Gugur Bunya saat malam hari.

Kono ceritanya, kalau menyanyikan lagu tersebut ditempat ini kamu bakal ditemani bernyanyi sama arwah para pejuang. Namun ada yang bilang bakal muncul banyak sosok misterius yang ikut bernyanyi lagu gugur bunga di sini.

 

3. Mbak Rohana Di Jembatan Perikanan UGM

Lagi-lagi lokasi angker di UGM, selain Bundaran Teknik ada pula Jembatan Prikanan UGM. Jembatan ini terletak di utara lembah UGM yang menghubungkan laboratorium diagnostik Fakultas Kedokteran Hewan dengan Fakultas Pertanian. Ceritanya, ketika malah hari sering ada penampakan sosok perempuan bernama Rohana di jembatan ini.

Beberapa orang menceritakan kalau sosok Mbak Rohana ini muncul di jembatan pada malam hari dan tiba-tiba meloncat dari atas jembatan. Namun setelah di cek ke bawah jembatan, ternyata tidak ada apa-apa. Kisah ini telah menjadi legenda yang dipercaya oleh para mahasiswa UGM dari masa ke masa.

 

4. Menir Josep di Balairung UGM

Kalau kisah-kisah sebelumnya adalah hantu-hantu mahasiswa di UGM, yang ini agak berbeda. Penampakan sosok pria Belanda berdandan klimis nan necis ala dosen-dosen tahun 70-an. Ia bernama Menir Josep yang sering muncul di sekitar Balairung (Gedung Rektorat) UGM. Dulu ia sering nampak ketika masih banyak mahasiwa berdiskusi hingga malam, namun kini sudah jarang terlihat lagi.

Salah satu kisah yang paling banyak beredar adalah kisah dua mahasiswa jurusan Geofisika UGM yang tengah ngenet gratisan di gedung tersebut. Tiba-tiba mereka didatangi sosok ini yang duduk bersama mereka. Salah satu mahasiswa melihat kaki sosok pria tersebut mengambang, ia lalu pulang meniggalkan temannya.

Karena merasa kasihan dengan teman yang ditinggalkan sendiri, ia pun mengirimkan sms. Ia meminta temannya menjatuhkan pulpen dan melihat ke bawah. Temannya itu langsung kaget saat tahu kaki sosok pria itu ngambang. Mencoba tenang dan tetap terlihat sopan, ia pamit. Namun sosok Menir Josep menyahut dengan bilang: “Mau pulang karena sudah malam apa karena sudah tahu?”

 

5. Hantu Wanita di Fakultas Teologi UKDW

Walaupun fakultas yang paling religius, namun tidak luput dari kisah horor. Di ruang kuliah lama Fakultas Teologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) sering ada penampakan hantu wanita berbaju putih. Di kalangan Mahasiswa lama UKDW, kisah horor sosok hantu wanita ini sangat melegenda.

Sosok hantu wanita berbaju putih ini konon sering terlihat duduk di tangga naik ruang kuliah. Selain itu sosok wanita tanpa nama ini juga sering terlihat duduk di sudut ruangan kuliah. Ditunjung lagi lokasi ruang kuliah lama Fakultas Teologi ini berada di belakang yang kurang cahaya matahari, membuat keseramannya meningkat.

 

6. Hantu Sisca di Student Center UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) juga tidak ketinggalan memiliki kisah horor. Kisah yang melegenda di kalangan mahasiswa UNY adalah penampakan hantu wanita yang dikenal dengan nama Sisca. Penampakan hantu Sisca ini beberapa kali terjadi di gedung Student Center dan dipercaya sebagai penunggu gedung tersebut.

Salah satu cerita yang banyak beredar adalah kisah sekelompok mahasiswa yang mengembalikan alat-alat manggung. Setelah selesai memasukan alat-alat tersebut, mereka hendak mengunci pintu. Namun tanpa disangka muncul wanita dari balik kaca jendela yang manggil-manggil. Setelah dibukakakan pintu, wanita itu menghilang.

 

Kisah Lain

Sebenarnya masih banyak kisah-kisah horor lain di kampus-kampus Jogja. Diantaranya kisah wanita tanpa kaki di Perpustakan Mrican Universitas Sanata Dharma, Penampakan hantu wanita di Koridor Lantai 2 Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan, Hantu Fitri di Ruang CLDS Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Kisah Mbak Nur di UNY, dan kisah hantu mayat Fakultas Kedokteran UGM.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like