Hasil Penelitian, Nonton Film Horor Berdampak Baik untuk Kesehatan

JogjaUpdate.com (27/10/17), Horor adalah salah satu genre film yang banyak digemari, namun banyak juga dijauhi. Apakah kamu termasuk orang yang suka nonton film horor? Kalau memang menggemari genre film ini, lanjutkan. Karena ternyata nonton film horor berdampak baik untuk kesehatan.

Dari hasil penelitian pada tahun 2012 yang dilakukan Lovefilm, peneliti dari University of Westminster mengungkapkan bahwa nonton film horor bisa membakar banyak kalori dan membuat bahagia. Dalam penelitian tersebut, peneliti melibatkan 10 orang partisipan yang direkam kondisi tubuhnya.

Para partisipan direkam detak jantung, asupan oksigen dan keluarnya karbon dioksidanya sambil menonton film horor. Orang yang sampai terlonjak dan ketakutan membakar 184 kalori. Menurut American Council dalam Exercise’s physical activity calorie counter, Jumlah kalori yang dibakar ini sama dengan berjalan selama 40 menit.

Penulis penelian ini, Richard Mackenzie menyebutkan stimulasi stres yang ditimbulkan dari nonton film horor menyebabkan pelepasan hormon adrenalin. Ini membuat respon sistem saraf lebih baik. Seiring bertambahnya detak jantung, respon ini juga meningkatkan energi dari tubuh dan membuatmu waspada.

Sebelum penelitian kecil ini, sudah ada penelitian lain yang dilakukan Coventry University tahun 2003 yang diterbitkan dalam jurnal Stress. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa nonton film horor secara signifikan bisa membantu sirkulas darah dan melawan infeksi pada sel darah putih.

Jadi, jika kamu termasuk yang menyukai tantangan dan berani nonton film horor, kamu sebenarnya mendapatkan dampak positif yang menyehatkan tubuh. Namun jika tidak berani, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk menonton film horor. Bukan efek relaksasi dan adrenalin yang kamu dapatkan, tapi stres.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like