Cara Mengeringkan Sepatu Tanpa Dijemur

JogjaUpdate.com (27/12/17), Habis hujan-hujanan, badan basah dari atas sampai bawah? Bagaimana dengan sepatunya? Ikutan basah? Biasanya cara mengeringkan sepatu yang basah karena kehujanan hanya cukup di jemur di bawah terik matahari. Namun cara ini beresiko sepatu hilang dicuri orang.

Selain takut hilang, cara menjemur sepatu di terik matahari juga kadang tidak bisa dilakukan ketika musim penghujan. Hujan yang terus terus setiap hari membuat matahari jarang nongol, dan sepatu pun lama keringnya. Lalu bagaimana cara mengeringkan sepatu tanpa di jemur di bawah terik matahari? begini caranya:

1. Koran

Cara paling mudah adalah memanfaatkan kertas koran yang tidak terpakai. Sumpalkan kertas koran yang sudah diremas-remas lebih dahulu ke dalam sepatu hingga penuh. Lalu bungkus bagian luar sepatu dengan kertas koran juga, kemudian tinggal diangin-anginkan saja. Jika koran sudah terlalu basah, ulangi dengan kertas koran kering.

2. Kipas Angin

Jika susah mencari kertas koran karena sudah semakin sedikit orang berlangganan koran, bisa gunakan kipas angin. Caranya cukup cantolkan sepatu tepat di depan kipas angin. Nyalakan kipas angin dengan kecepatan penuh dan diamkan sampai sepatu mengering. Cara ini cukup ampuh, namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

3. Hair Dryer

Jika membutuhkan waktu yang lebih cepat, kamu bisa memanfaatkan alat pengering rambut atau hari dryer. Semprotkan udara panas dari hair dryer dari bagian dalam sepatu, terutama bagian paling basah. Namun jangan sampai terlalu panas, karena bisa berakibat buruk pada beberapa bagian sepatu.

4. Vacuum Cleaner

Jika takut udara panas merusak sepatu, kamu bisa menggunakan penyedot debu atau vacuum cleaner. Tidak hanya menyedot debu, alat ini juga bisa menyedot air dari dalam sepatu bahkan hingga kering. Namun sayangnya cara ini kurang begitu efektif jika diterapkan pada sepatu berbahan kulit.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like