Tips Sukses Memasuki Dunia Kerja Bagi Fresh Graduate

JogjaUpdate.com (11/11/17), Dunia kerja sangat berbeda dengan yang dibayangkan semasa sekolah. Tidak jarang lulusan baru atau fresh graduate yang kaget ketika memasuki dunia kerja. Butuh persiapan dan strategi khusus bagi fres graduate untuk memasuki dunia kerja.

Menurut yang dimuat Liputan6.com (10/11/17), Dosen FISIP Universitas Jember sekaligus praktisi atau Instruktur Prashanti Training Centre Jember, Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos, M.Si membagikan tips untuk memasuki dunia kerja. Berikut ini tipsnya:

1. Meninggalkan mental anak kampus

Dunia kerja sangat berbeda dengan masa kuliah, karena itu dituntut kedewasaan dan memiliki mental yang berbeda. Diperlukan kemandirian dan daya juang tinggi untuk menghadapi kendala atau hambatan dan masalah yang muncul.

“Sebagai karyawan, kita juga dituntut untuk bersikap dewasa dalam merespon masalah. Tunjukkanlah rasa tanggung jawab, kredibilitas dan loyalitas terhadap pekerjaan Anda,” ungkap Selfi.

2. Berpenampilan profesional

Tinggalkan dandanan kasual seperti celana jeans, kaos dan sepatu keds yang biasa digunakan saat kuliah. Kenakanlah pakaian yang formal untuk menciptakan kesan profesional. Apalagi jika pekerjaan memang mengharuskan untuk berelasi dengan klien.

Gunakan sepat kerja rapi, kemeja, celana panjang, rok, blazer, atau jas sebagai pelengkap. Perhatikan juga dengan kerapian rambut. Bagi wanita, gunakan makeup dan perhasiasan yang sewajarnya tidak berlebihan untuk melengkapi penampilan.

3. Perilaku yang baik

Seringkali orang mengabaikan perilaku baik dalam dunia kerja karena berpikiran mendapatkan pekerjaan karena pintar dan mampu. Padahal perilaku merupakan cerminan kualitas pribadi seseorang yang menjadi hal penting untuk dijaga.

Hindari meluapkan kekesalah melalui sosial media menenai apa yang dihadapi di dunia kerja. Jangan pula keasikan menggunakan smartphone pada jam kerja, terutama hanya untuk update status dan mengunggah foto ke sosial media pribadi.

Bedakan kapan waktu untuk bekerja dan kapan waktu untuk bersantai. “Anda dapat menggunakan waktu istirahat Anda untuk menjelajahi social media atau ketika pekerjaan Anda benar-benar sudah selesai. Attitude merupakan salah satu kriteria penilaian dari Bos Anda loh,” unggap Selfi.

4. Perluas jaringan dan menjaga hubungan

Sebagai karyawan baru, tentu belum banyak orang yang dikenal. Mulailah berkenalan dengan rekan kerja terdekat, karena dari mereka akan mendapatkan informasi terkait alur pekerjaan, suasana dan budaya kerja atau kendala yang sering dihadapi.

Kemudian, berkenalan dengan karyawan lain di departemen yang terkait dalam pekerjaan. Misalnya pekerjaan yang ditugaskan terkait dengan bagian finance atau marketing. Jalinan hubungan baik dengan mereka karena nantinya bakal sering bekerja sama.

“Bersikaplah ramah, berikan senyum dan sapa mereka saat berjumpa. Anda juga dapat meluangkan waktu untuk sekadar mengobrol pada jam makan siang. Dengan menjalin relasi yang baik, Anda dapat lebih cepat beradaptasi serta merasa betah di lingkungan kerja Anda,” ujarnya.

5. Terus belajar

Dalam dunia kerja, sering kali menemui berbagai macam tantangan dan masalah. Baik itu hal baru atau pernah dihadapi sebelumnya, kita akan dituntuk untuk terus belajar dalam menyelesaikan masalah. Teruslah belajar untuk mengambil keputusan dan langkah yang tepat.

Ketika melakukan kesalahan, lalukan evaluasi dan introspeksi diri agar tidak terulang kembali ke depannya. Selain itu, perluas wawasan serta pola pikir, karena tidak semua ilmu yang didapatkan saat kuliah bisa diaplikasikan dalam dunia kerja.

Jangan pernah takut untuk bertanya dengan rekan kerja atau atasan yang lebih berpengalaman. Galilah info terkait pekerjaan dari mereka untuk mengembangkan diri. “Karena itu mari belajar dan terus mengembangkan diri Anda, selamat berkarya dan sukses,” ucapnya

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like