7 Godaan yang Membuat Karier Hancur Berantakan

JogjaUpdate.com (08/11/17), Dalam hidup pasti selalu ada yang namanya godaan, termasuk dalam dunia kerja. Sering kita temui karier hancur karena tidak tahan terhadap godaan yang menggiurkan. Bahkan dari politisi, penguasa, hingga pengusaha dan karyawan pun mendapat godaan dalam pekerjaannya.

Apas saja godaan yang bisa membuat karier hancur? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diwaspadai dan sebaiknya dihindari menurut DuitPintar.com:

1. Suap

Suap menyuap dalam pekerjaan sering terjadi, dan bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Bila sampai ketahuan melakukan atau menerima suap risikonya besar dan karier bisa hancur. Atau bahkan bisa berurusan dengan hukum hingga berakhir mendekam di penjara.

2. Nepotisme

Membantu teman atau kerabat dalam mencari kerja memang baik dan sangat perlu. Namun bukan berarti dapat melakukannya dengan cara nepotisme atau iming-iming materi maupun jabatan tinggi. Karena nepotisme merupakan perbuatan yang tidak baik dan bisa melanggar hukum.

3. Penggelapan anggaran

Bila sedang mengurus proyek, kerjakanlah sesuai dengan aturan yang berlaku. Terutama untuk anggaran, jangan dipermainkan dengan mengambil keuntungan pribadi maupun kelompok. Godaan penggelapan anggaran ini sangat menggiurkan, namun jika dilakukan akan berbahaya biat karier kamu.

4. Berbohong

Berbohong adalah tindakan yang munking pernah dilakukan oleh siapa pun. Tapi berbohong demi mendapatkan keuntungan pribadi, akan berbuah buruk dan mempertaruhkan karier yang kamu bangun selama ini. Misalnya, lalai dalam menyelesaikan pekerjaan tapi malah menuduh orang lain yang berbuat salah.

5. Black Campaign

Black Campaign atau kampanye hitam tidak hanya terjadi dalam pemilu, namun juga di dunia kerja. Terutama dalam persaingan ketat untuk memperebutkan promosi jabatan. Membuat reputasi saingan menjadi buruk dengan fitnah, sebaiknya dihindari. Karena pastinya orang lain akan mengendus fitnah ini.

6. Jual rahasia, informasi, atau aset milik perusahaan

Loyalitas untuk perusahaan sebaiknya dijunjung tinggi bila ingin karier kamu bagus. Bisa saja kamu menjual rahasia atau informasi penting perusahaan ke saingan, namun bakal berakibat fatal. Selain bakal dipecat, bisa-bisa tidak ada lagi perusahaan yang mau menerima sebagai karyawan karena tidak bisa dipercaya.

7. Mencuri uang perusahaan

Mencuri adalah perbuatan tercela yang terlarang dilakukan, termasuk dalam perusahaan. Namun godaan uang di depan mata yang ada sering membuat goyah. Jangan curi uang perusahaan, karena perbuatanmu bakal ketahuan. Daripada curi uang perusahaan mending curi hati rekan yang bening-bening.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like