Pentingnya Merawat Aki Kendaraan, Termasuk Di Musim Hujan

JogjaUpdate.com (07/11/17), Aki memang bukan bagian yang sangat berpengaruh pada performa mesin kendaraan bermotor. Namun keberadaan aki sangatlah penting, agar kendaraan tidak mengalami masalah saat digunakan. Merawat aki juga sangat penting juga perlu diperhatikan di musim hujan.

Memang tidak membutuhkan perawatan ekstra, namun di musim hujan perawatan aki tetap harus dilakukan. Karena aki berfungsi sebagai pensuplai arus listrik ke sistem kelistrikan di mobil maupun motor. Jangan sampai ketika hujan tiba tapi mobil atau motor kita tidak mau dinyalakan karena aki bermasalah.

Menurut yang dimuat Liputan6 (07/11/17), Sahrudin, dari GS Astra mengungkapkan pentingnya merawat aki kendaraan. “Sebenarnya normal saja, paling penting air aki tidak kurang, karena bisa memengaruhi umur aki dan ketika starter mobil dan motor jadi susah,” jelas Sahrudin.

Selain memperhatikan ketinggian air aki, yang perlu diperhatikan adalah kebersihannya. Terutama kebersihan terminal baterai yang harus secara rutin dibersihkan. “Harus dibersihkan rutin, karena jika sudah korosi, maka akan susah di-charging dan starter,” tambahnya Sahrudin.

Namun bagaimana dengan aki free maintenance? Aki jenis ini digadang-gadang tidak membutuhkan perawatan. Namun menurut Sahrudin, memang secara teori aki jenis tersebut tidak perlu perawatan. Tapi ada aki yang kelihatan ketinggian airnya, yang bertujuan agar bisa diisi kembali.

“Dengan penambahan air aki, bisa mendapatkan umur aki yang seharusnya. Tapi, bukan berarti kita harus mengecek secara rutin, tapi bisa diperkirakan jika air aki turun,” pungkasnya. Karena itulah, jangan malas untuk tetap merawat aki agar kendaraan bermotor tetap lancar digunakan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like