Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Yang Menarik

JogjaUpdate.com (11/9/17), Bagian awal dari proses seleksi karyawan baru adalah surat lamaran. Dengan surat ini, pelamar harus mampu menggambarkan keinginannya untuk bergabung dengan perusahaan. Karena itulah pelamar sebaiknya bisa membuat surat lamaran yang menarik hati perusahaan.

Ada banyak cara untuk membuat surat lamaran ini menarik perhatian pembacanya, bisa dari HRD maupun pimpinan perusahaan. Bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa tips yang dimuat situs Lifehack.org (5/9/2017) bagaimana membuat sebuah surat lamaran yang menarik.

1. Buat Sangat Personal

Surat lamaran bisa ditulis secara personal, karena tujuannya untung menghubungkan pelamar dengan orang HRD. Dengan kata lain orang-dengan orang, bukan perusahaan. Pendekatan yang dilakukan dengan menunjukan seurat secara langsung kepada penerima kerja. Selain itu juga bisa memberikan pengalaman kerja sesuai dengan lowongan yang tersedia.

2. Buat Cerita Dalam Surat

Jangan cuma meng-copy-paste surat lamaran yang banyak tersedia di internet, karena selain pasaran juga tidak membuat cukup kesan. Jangan takut untuk membuat yang berbeda, misalnya dengan menyisipkan cerita dalam surat lamaran. Ketika membaca sebuah cerita, orang akan lebih mudah terpikat.

3. Hubungkan Personal Dengan Perusahaan

Dalam surat lamaran, buatlah hubungan personal dengan keberadaan perusahaan yang ada. Sehingga mereka tahu kamu sebagai pelamar sudah punya kedekatan dengan perusahaan, bisa kedekatan personal maupun loyalitas. Kedekatan dan loyalitas ini akan memberikan nilai tambahan untuk menarik perhatian HRD maupun perusahaan.

4. Jelaskan Pengalaman Kerja Yang Paling Menonjol

Tidak perlu semua kemampuan yang kamu bisai ditunjukan atau dalam surat lamaran. Pilihlah salah satu yang paling menonjol sesuai dengan kebutuhan perusahaan, atau sesuai lowongan yang dibuka. Dengan cara ini akan menunjukan banyak kesamaan antara pelamar dengan kebutuhan perusahaan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like