Cara Aman Membersihkan Layar Sentuh Smartphone

JogjaUpdate.com (5/5/17), Layar merupakan salah satu bagian terpenting dari smartphone. Karena sudah touchscreen atau layar sentuh, maka resiko kotor dan tergores pastinya ada. Kotoran yang menempel pada layar sentuh selain tidak enak dipandang, juga menggangu akurasi dan sensitivitas layar. Untuk itu kamu harus membersihkan layar sentuh smartphone.

Lalu bagaimana cara membersihkan layar sentuh smartphone? Kan itu barang elektronik, resiko rusaknya kan cukup tinggi. Bisa dari konsleting karena cairan pembersih, atau malah tergores. Tenang, berikut ini ada cara-cara aman untuk membersihkan layar sentuh smartphone:

  1. Matikan dahulu smartphone kamu dan jika bisa lepas baterainya terlebih dahulu. Hal ini untuk meminimalisir resiko kerusakaan karena cairan pembersih yang digunakan.
  2. Lap secara perlahan layar smartphone menggunakan kain microfiber kering untuk menghilangkan bekas-bekas sentuhan. Tidak disarankan menggunakan tissu atau sembarangan kain lap, karena resiko menggores layar.
  3. Untuk kotoran yang membandel, kamu bisa gunakan air murni hasil penyulingan. Jangan lansung ke layar smarphone, namun semprotkan ke lap lalu gunakan untuk mengelap layar.
  4. Jika tidak berhasil mengangkat kotoran membandel baru cobalah cairan khusus pembersih layar sentuh yang tersedia dipasaran. Atau kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan campuran air murni dan cuka dengan takaran sebanding.
  5. Setelah itu kembali lap layar menggunakan kain microfiber kering. Kemudian biarkan layar smarphone kamu kering secara alami, jangan gunakan hairdryer atau alat pemanas lainnya untuk mengeringkan.
  6. Jangan nyalakan smartphone kalau belum benar-benar kering.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like