Sering Nglilir Tengah Malam? Ini Penyebabnya

JogjaUpdate.com (25/11/17), Nglilir atau terbangun dari tidur memang lumrah terjadi, namun jika sering terjadi apakah normal? Terutama jika terbagung tengah malam setiap hari, pasti ada sesuatu yang menjadi penyebabnya.

Menurut yang dimuat Independet, ternyata ada bebera faktor yang menyebabkan orang bisa terbangun di tengah malam. Apa saja? simak berikut ini:

Kondisi kamar tidur

Suhu ruangan juga sangat memperngaruhi terhadap nyenyaknya seseorang tidur. Udara terlalu panas atau sumuk juga terlalu dingin akan membuat sulit tidur. Karena itulah jika memakai pendingin ruangan, dianjurkan mengaturnya antara 18 hingga 21 derajat Celsius.

Eksim

Penderita eksim akan merasakan gatal yang sangat berlebihan ketika malam hari. Hal inilah yang menjadikan penderita eksim akan kesulitan tidur dengan nyenyak. Jika menderita eksim, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Restless Leg Syndrome

Sindrom kaki gelisah (Restless Leg Syndrome), adalah gangguan saraf yang ditandai dengan sensasi tidak menyenangkan, seperti terasa berdenyut-denyut, nyeri akibat tertarik, atau geli. Penderita biasanya membolak-balikkan tubuh ketika sedang tidur.

Gara Sindrom kaki gelisah, bisa mengakibatkan keletihan di siang harinya. Untuk mengatasinya bisa berkonsultasi pada dokter. Namun ada beberapa cara lain untuk meminimalisir, yaitu dengan mengompres kaki, memijat kaki, dan mengubah pola gaya hidup.

Bentuk Kasur

Bentuk dari kasur juga mempengaruhi kualitas tidur seseorang, seperti terlalu licin atau terlalu keras akan menimbulkan nyeri pada punggung. Karena itu, sebaiknya mencoba dahulu kasur sebelum memutuskan untuk membelinya.

Produksi urine berlebihan

Produksi urine yang berlebihan akan membangunkan ketika tidur untuk segera ke toilet. Kalau tidak segera ke toilet bahayanya bakal ngompol di kasur. Karena itu hindari terlalu banyak minum sebelum tidur, terutama minuman yang menyebabkan banyak produksi urine.

Terlalu banyak konsumsi alkohol

Ada yang memanfaatkan minuman beralkohol untuk segera mendapatkan rasa kantuk. Namun ternyata, terlalu banyak minuman beralkohol akan mengganggu tidur di malam hari. Karena itu, berusahalah untuk meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Stres

Cobalah untuk lebih bersantai sebelum beranjak tidur, misalnya dengan mendengarkan musik atau video humor untuk merekadan stres. Karena stres juga akan mempengaruhi kualitas tidur seseorang di malam hari.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like