6 Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Menghemat Listrik

JogjaUpdate.com (10/11/17), Listrik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia dalam beraktivitas. Namun saking butuhnya, banyak yang tidak bisa menghemat listrik. Padahal semakin banyak kita pakai listrik, semakin tinggi pula tagihan yang harus dibayar.

Pastinya tidak mau kan, tagihan listrik terus membengkak. Belum lagi tarif dasar listik (TDL) yang semakin lama semakin meningkat. Karena itu, marilah kita menghemat listrik dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Ganti lampu rumah dengan jenis LED

Untuk menghasilkan penerangan yang sama, lampu jenis LED lebih sedikit menyedot listrik dibandingkan lampu jenis lain. Lampu LED memang lebih mahal, namun lebih hemat energi dan tahan lama, sehingga dalam jangka panjang menghemat biaya listrik dan pembelian lampu.

Lampu jenis LED juga tidak menghasilkan panas belebihan, sehingga tidak membuat ruangan jadi panas. Ini akan menghemat tidak terlalu banyak menggunakan pendingin ruangan. Warna yang dihasilkan lampu LED juga lebih natural.

2. Matikan lampu yang tidak terpakai

Jika selama ini seluruh lampu rumah dihidupkan saat tidur, cobalah untuk mengurangi sebagian lampu yang menyala. Beberapa bagian rumah yang tidak diperlukan sebaiknya dimatikan, seperti kamar mandi dan ruang tamu.

3. Gunakan TV LED dengan fitur hemat energi

TV LED menggunakan daya listrik jauh lebih hemat dibandingkan TV LCD maupun TV tabung. Sebagai perbandingan untuk ukuran 32 inchi, TV tabung membutuhkan daya 100 watt atau lebih, sedangkan TV LED hanya setengahnya.

Belum lagi, kini banyak TV LED baru yang sudah memiliki fitur hemat energi atau Eco. Jika fitur ini diaktifkan, maka daya listrik pun akan lebih hemat. Dan jangan lupa untuk mematikan TV sebelum tidur. Jangan jadikan kebiasaan ketiduran di depan TV yang sedang menyala.

4. Pakai AC Hemat Listrik dan sesuai kebutuhan

Jika hendak membeli pendingin ruangan atau AC, pilihlah yang sesuai dengan ruangan. Jika kamar tidur, cukup AC 1/2 hingga 3/4 PK. Sedangkan ruang tamu dan keluarga bisa memilih AC berdaya 1 hingga 1,5 PK. Jangan lupa pilih AC yang memiliki fitur hemat listrik.

Yang lebih penting lagi, gunakan AC seperlunya jangan dimain-mainkan. Menyalakan dan mematikan AC lalu menyalakan kembali dalam waktu berdekatan akan menyedot daya yang tidak sedikit. Karena ketika AC dinyalakan, disitulah dibutuhkan daya listrik tinggi.

5. Hemat air

Salah satu peralatan elektronik di rumah yang menarik daya besar adalah mesin pompa air. Semakin sering pompa air menyala. semakin banyak pula listrik yang digunakan. Untuk itu hematlah air agar tidak sering-sering menyalakan mesin pompa air.

6. Cabut yang tidak dibutuhkan

Ada banyak steker peralatan listrik yang sering lupa atau sengaja dicabut dari colookan, padahal tidak digunakan seperti charger ponsel dan peralatan lain. Walaupun tidak sedang mengisi daya ponsel, charger ini masih menarik daya listrik.

Dengan mencabut beberapa stekerr peralatan listrik yang tidak dibutuhkan ini juga bisa menghindarkan dari konsleting.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like