Amankah Makan Mi Instan Campur Nasi Putih?

JogjaUpdate.com (13/9/17), Banyak diantara kita yang mengonsumsi mi instan campur nasi putih. Biasanya karena seporsi mi instan dianggap kurang mengenyangkan. Ada pula yang beranggapan belum resmi makan jika tidak dengan nasi putih. Namun apakah aman makan mi instan campur nasi putih?

Mengonsumsi mi instan dengan nasi putih memang akan membuat perut kenyang. Namun jika kamu selama ini makan mi instan dengan nasi putih, sebaiknya mengurangi. Karena menurut yang dimuat Kompas.com (12/9/17), ahli gizi Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. mengungkapkan cara ini menimbulkan efek yang kurang sehat.

Seperti diketahui, mi instan dan nasi merupakan sumber karbohidrat yang tinggi. “Mi instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya dimakan bersama, gula darah akan cepat naik,” kata Dr Samuel Oetoro.

Tidak hanya itu, menurutnya kebiasaan mengkonsumsi mi instan campur nasi puth hanya akan membuat tubuh terisi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula. Tubuh akan kekurangan zat lain seperti mineral, protein, vitamin dan lemak. “Sudah makan nasi ditambahin lagi mie instan, itu parah. Jadi double karbohidrat,” terangnya.

Menu makan seperti ini juga akan mingkatkan risiko mengidap diabetes lebih tinggi, dibandingkan orang yang banyak makan sayur dan buah. “Penyakit yang akan cepat datang itu seperti diabetes, kencing manis dan lain sebagainya yang berkaitan dengan peningkatan gula darah,” tuturnya.

Karena itulah, Dr Samuel menyarankan untuk tidak mengonsumsi mi instan campur nasi putih. Jika kamu tidak bias secara langsung meninggalkan cara ini karena terlanjur ketahigan, kamu bisa memulai untuk menguranginya lebih dahulu. Mulai lama-kelamaan mulailan untuk tidak mencampur nasi putih dengan mi instan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like