Kebanyakan Tidur Tidak Baik, Jebul Ada Penyakit Ini yang Mengintai

JogjaUpdate.com (24/05/2019), Tidur memang penting untuk mengembalikan kesegaran tubuh, juga penting bagi kesehatan. Namun ternyata, kebanyakan tidur malah berdampak negatif.

Tidak hanya bikin malas-malasan, terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kesehatan. Ada berbagai macam penyakit yang mengintai jika tidur berlebihan.

Baca Juga : Jebul Tidur Dengan Kipas Angin Itu Tidak Sehat

Hal ini terungkap dari penelitian yang dimuat dalam Jurnal of The American Heart Association yang menunjukkan risiko terlalu lama tidur.

Disebutkan, tidur 9 jam dapat meningkatkan 14 persen risiko kematian dini. Tidur 10 jam dapat meningkatkan kematian dini hingga 30 persen.

Lalu tidur 11 jam dapat meningkatkan risiko yang sama hingga 47 persen. Dan bisa makin naik lagi jika waktu tidur terus bertambah.

Dikutip dari Health, risiko kematian ini terkait dengan penyakit jantung dan stroke yang meningkat jika waktu tidur semakin lama.

“Dalam gaya hidup modern, orang biasanya justru sengaja membatasi waktu tidur karena pekerjaan, mengurusi keluarga, hobi dan aktivitas lainnya. Penelitian kamu menunjukkan bahwa tidur lebih dari yang disarankan dapat memberikan dampak yang jauh lebih buruk dari kurang tidur,” peneliti Chun Shing Kwok.

Cewek dan Smartphone
Cewek dan Smartphone

Penelitian lain juga menunjukkan kebiasaan tidur lebih dari tujuh jam setiap malam dapat meningkatkan risiko diabetes.

Durasi tidur ekstrem dapat meningkatkan protein C-reactive yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Chun Shing Kwok mengatakan bahwa penelitiannya hanya mendemonstrasikan kemungkinan keterkaitan kebanyakan tidur dengan penyakit.

“Tidur dengan durasi lebih lama kemungkinan merupakan pertanda dari penyakit yang ada seperti kondisi yang tidak terdeteksi. Misalnya gagal jantung, anemia, hipotiroid, atau sleep apnea,” lanjutnya.

Kamu mungkin tidur sembilan jam sehari dan tidak mengalami apa-apa. Namun jika jadi kebiasaan dan dilakukan bertahun-tahun, kemungkinan hal ini harus dikhawatirkan.

Baca Juga : Bukan Kamu Saja, Kurang Tidur Juga Jadi Masalah Global

Bila kamu merasa kebanyakan tidur tiap harinya, salah satu pertanda untuk berkonsultasi dengan dokter. Ingat yang berlebihan tidaklah baik.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like