Ini Penjelasan Ilmiah Kenapa Bisa Melihat Hantu

JogjaUpdate.com (15/11/17), Sesuatu fenomena atau kejadian yang mengandung mistis, spiritual dan gaib akan susah pahami secara ilmiah. Benarkah demikian? Ternyata tidak, ada beberapa fenomena mistis yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Misalnya kenapa seseorang bisa melihat hantu.

Banyak yang percaya bisa melihat sosok makhluk halus atau hantu karena kemampuan khusus. Dipercaya juga karena si makhluk halus ingin menunjukkan keberadaannya pada manusia. Tapi bagaimana secara ilmiah? Berlikut ini 5 penjelasan ilmiah kenapa bisa melihat hantu seperti yang dimuat science.idntimes.com (14/11/17):

1. Agency Detection Mechanism (ADM)

ADM adalah sebuah mekanisme tubuh yang sudah ada sejam zaman dahulu untuk melindungi diri dari serangan predator dalam situasi membahayakan. Penelitian yang dilakukan oleh Kirsten, Barnes dan Nicholas (2013) menemukan fenomena supranatural biasanya terjadi di tempat yang mencekam sehingga merasa hal-hal gaib.

Misalnya, kamu sedang berada di tempat yang gelap lalu mendengar suara-suara muncul di sekitar. Kamu akan fokus pada suara tersebut dan merasa ada seseorang atau bahaya. Setelah menyadari suara tersebut hanya hembusan angin atau kucing tetangga, kamu akan merasa lega.

2. Dalam situasi sangat ekstrem

Ketika seseorang berada dalam situasi sangat ekstrem, biasanya akan mengalami halusinasi. Bentuk halusinasi yang muncul sangatlah tipikal. Misalnya seorang pendaki gunung terjebak dalam badai salju akan berhalusinasi melihat orang yang datang untuk menyelamatkan dirinya,

Atau seperti kisah yang dialami oleh Joshua Slocum, yang mengaku ketika berlayar sendirian dan mengalami keracunan makanan. Ia mengaku kalau bertemu dengan pilot dari kapal Colombus bernama Pinta. Katanya, pilot itulah yang membantu dia mengendalikan kapal ketika dia terkapar tak berdaya karena racun.

3. Stres atau depresi

Banyak kisah mengenai pembunuh yang menyerahkan diri karena sering dihantui oleh arwah korbannya. Misalnya saja Daniel French, seorang perampok dan pembunuh seorang wanita tua bernama Barbara Howe. Ia mengaku membunuh Barbara karena refleks atau ketidaksengajaan.

Dua tahun setelah kejadian, Daniel memutuskan menyerahkan diri karena merasa dihantui oleh korbannya. Ia mengaku tertekan dan merasa bersalah karena sudah membunuh korban. Perasaan stres atau depresi karena tertekan inilah yang membuat dia melihat sosok korban.

4. Kekurangan oksigen

Kalau menonton film Gravity, maka ada adegan Sandra Bullock kekurangan oksigen dan melihat sosok teman astronotnya yang sudah meninggal datang mengunjunginya. Ternyata kejadian dalam film Gravity ini memang sering terjadi pada astronot yang mulai kekurangan oksigen.

Menurut Psychologytoday.com, ketika kekurangan oksigen, control kortikal rational atas emosi dimatikan sehingga memungkinkan munculnya suara-suara dari dalam diri dan juga gambaran-gambaran imajinasi. Hal inilah yang membuat seseorang berhalusinasi dalam bentuk berbagai penampakan.

5. Gangguan penglihatan

Charles Bonnet Syndrome atau biasa disingkat CBS merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh degenari makular (penyebab utama kebutaan). Biasanya pengidap penyakit CBS ini melihat sesuatu secara sepintas dan sekelebat saja.

Menurut Daily Mail, Dr. David Allamby mengatakan bahwa sesuatu yang terlihat secara sepintas tersebut merupakan informasi yang kurang jelas bagi otak. Karena otak tidak mendapatkan informasi yang jelas, akan membuat gambaran yang tidak jelas pula. Ini yang membuat seolah-olah melihat penampakan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like