Seorang Pria Hampir Mati Gara-gara Cotton Bud

JogjaUpdate.com (21/03/2019), Apakah kamu masih memakai Cotton Bud untuk membersihkan telinga? Jika masih memakainya, sebaiknya hati-hati dalam menggunakannya.

Karena ada kasus yang menimpa seorang pria 31 tahun yang mengalami infeksi parah karena alat pembersih ini. Bahkan infeksi ini mengancam nyawanya.

Baca Juga : Ini 4 Mitos Es Krim Yang Harus Kamu Ketahui

Dikutip dari Science Alert, kasus ini dimuat dalam jurnal BMJ Case Reports, pria ini yang awalnya sehat ini dilarikan ke UGD karena mendadak pingsan.

Saat di tiba di UGD, ia mengalami kejang. Hasil pemeriksaan fisik, menunjukkan pria ini bingung, mengantuk, dan kesadaran tidak stabil.

Ketika sadar, pria tersebut mengaku sakit di bagian kepala. Bahkan disebutkan kalau beberapa hari sebelumnya ia merasa mual.

Selama lima tahun terakhir dia mengaku telinga kirinya sangat sakit dan tidak bisa mendengar,” tulis dalam laporan tersebut.

Hasil CT Scan pada tengkorak kepala menunjukkan adanya penyakit karena infeksi bakteri yang sudah bernanah di jaringan sekitar otak dari salah satu telinganya.

Baca Juga : Kamu Tak Bisa Mencium Bau Badan Sendiri? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Dokter menemukan Pseudomonas aeruginosa sebagai pemicu infeksinya, patogen pemicu penyakit berbahaya. Bahkan saking berbahayanya, bisa mengancam nyawa pria ini.

Inilah yang dianggap sebagai pemicu kondisi pasien yang didiagnosis Necrotising Otitis Externa (NOE). Ini bisa memengaruhi jaringan di pendengaran eksternal (EAC).

Hasil pemeriksaan, kemungkinan hal ini disebabkan sisa kapas dari Cotton Bud yang tertingal di dalam. Dan diduga telah berada di dalam selama bertahun-tahun.

Pria ini beruntung karena bisa diselamatkan dengan mengambil sisa kapas dan memberikan antibiotik untuk mengobati infeksi.

Saat antibiotik selesai diberikan, pasien kembali sehat secara sistematik tanpa defisit neurologis dan tidak ada gejala telinga residual,” tulis peneliti.

Baca Juga : Jebul Kebanyakan Gorengan Tiap Hari Bisa Picu Kematian Dini

Setelah kasus ini, para ahli memperingatkan untuk tidak memasukkan benda asing termasuk Cotton Bud ke dalam telinga meski untuk membersihkannya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like