Jebul Suara Bising Perkotaan Meningkatkan Risiko Tuli dan Pikun

JogjaUpdate.com (05/02/18), Suara bising yang kita dengar sehari-hari ternyata juga berdampak pada kesehatan. Termasuk suara bising perkotaan, mulai dari hingar bingar lalu lintas dan kereta api hingga peralatan elektronik. Dan ternyata kebisingan ini akan meningkatkan resiko tuli dan pikun.

Seperti yang dimuat Guardian.com (02/02/18), studi terbaru yang dilakukan kepada masyarakat Jerman berusia 40 tahun ke atas, menemukan 9 persen responden yang tinggal di pinggir jalan, rel kereta, atau biasa di tengah hingar bingar lalu lintas, berisiko lebih dini serangan jantung dan penurunan daya kerja otak.

Baca: Jangan Malas, Ada Banyak Manfaat Jalan Kaki

Dijelaskan, bahwa normalnya besaran suara yang diterima telinga manusia berkisar 60-70 desibel seperti percakapan, televisi dan radio. Sementara suara hiruk pikuk lalu lintas di kota besar seperti Berlin memiliki besaran suara antara 80-90 desibel.

Angka kebisingan kota Berlin ini masih cukup jauh di bawah kota-kota besar Asia yang diperkirakan berada di kisaran 90-an desibel. Belum lagi ditambah dengan tingginya polusi udara di banyak kota besar, membuat otak tersendat perkembangannya. Pastinya hal ini meningkatkan resiko beragam hal buruk pada kesehatan.

Ada pula studi lain yang dipublikasikan Nautilus, menyebutkan bahwa orang yang secara berkelanjutan tinggal di kota besar dan kerap terpapar hiruk-pikuk metropolitan, cenderung memproduksi hormon stres lebih tinggi di banding orang kebanyakan.

Baca: Ini Beberapa Manfaat Jambu Dersono Bagi Kesehatan

Banyak orang yang memilih menggunakan headset atau headphone dengan suara nyaring agar tidak terganggu dengan suara bising perkotaan di sekitarnya. Namun hal ini malah bisa memperburuk, karena suara bising dari headphone juga berdampak buruk pada kesehatan.

Millenium Development Goals pun memberikan perhatian cukup banyak kepada para pemimpin dunia untuk menyediakan lebih banyak ruang hijau. Karena ruang hijau di tengah kota besar dapat memberikan banyak manfaat. selain memberikan udara segar juga sebagai peredam suara bising perkotaan.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like