Kamu Tak Bisa Mencium Bau Badan Sendiri? Ini Penjelasan Ilmiahnya

JogjaUpdate.com (28/02/2019), Orang yang punya masalah bau badan seringnya tak menyadari kalau dirinya bau. Namun orang-orang di sekitarnyanya yang kena imbasnya.

Meski sudah mendekatkan hidung ke ketiak sendiri, tetap tak tercium bau tidak sedap. Bahkan parfum pun sering tak tercium dari hidung sendiri.

Baca Juga : Cukup Dengan Tersenyum Bisa Membuat Terlihat Awet Muda

Kenapa hal ini bisa terjadi? Padahal kita bisa mencium bau-bauan lainnya dengan jelas. Dari bau tetangga yang goreng telur saja tercium.

Menurut hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal Natur 2014, manusia punya kemampuan untuk mencium satu triliun jenis bau yang ada di dunia ini.

Tapi kenapa bau badan seniri tak tercium baunya? Padahal orang-orang sekitar mulai menutup hidung karena tak tahan baunya.

Pamela Dalton, seorang psikolog dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia mengungkapkan kondisi disebut dengan oldfactory fatigue.

Baca Juga : Ini Cara Mudah Menghilangkan Bau Durian Yang Di Tangan

Apa itu oldfactory fatigue? Kondisi ini adalah keadaan indera penciuman manusia yang telah terbiasa pada jenis bau tertentu.

Saking terbiasanya, reseptor bau di hidung telah lelah dan akhirnya tidak mengidentifikasi bau tersebut. Hal ini terjadi saat kamu berusaha mencium bau sendiri.

Ketika pertama kali mencium bau tertentu, reseptor bau di hidung mengirimkan sinyal ke otak untuk menentukan bau apakah ini, apakah wangi atau busuk.

Tapi, ketika bau tersebut terus-terusan dicium aromanya setiap hari, otak menjadi terbiasa. Setelahnya, akan menganggap informasi ini sebagai tidak penting.

Baca Juga : Kenapa Bau Asap Rokok Susah Dihilangkan? Ini Penjelasannya

Karena dianggap tak penting itulah, bau tersebut tidak lagi dianggap ada dan diabaikan. Hal ini terjadi pada kamu yang berusaha mencium bau badan sendiri.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like