Kenapa Susah BAB Saat Bepergian Jauh? Ini Penjelasannya

JogjaUpdate.com (14/05/18), Apakah kamu sering bepergian jauh seperti traveling atau liburan? Pernahkah kamu mengalami susah buang air besar (BAB) saat bepergian jauh? Kalau kamu mengalami susah hal ini, tenang kamu tidak sendirian. Banyak yang mengalami susah BAB saat bepergian jauh.

Baca: Punya Masalah Susah BAB? Ini Tips Mengatasinya

Beberapa orang mengira kalau ia susah BAB saat bepergian jauh karena tidak biasa dengan toilet yang belum pernah ia gunakan. Sehingga ia tidak nyaman, hingga tidak bisa melakukan aktivitas BAB. Apakah memang karena alasan itu jadi tidak bisa BAB saat bepergian jauh?

Ternyata ada penjelasan ilmiah mengenai permasalahan ini. Menurut yang dimuat New York Post (14/06/18), Ahli gastroenterologi Vijaya Rao menjelaskan konstipasi atau kembung dan sulit BAB ini umum dialami karena perubahan rutinitas dan pola makan.

Tubuh yang sudah terbiasa dengan makanan sehari-hari di rumah harus berubah. Ketika asupan makanan berubah ini akan berpengaruh pada sistem pencernaan sehingga menyebabkan sulit BAB. “Seringkali ini hanyalah karena perubahan rutinitas, diiringi dengan stres berlebih yang muncul saat traveling,” ujar Dr Rao.

Baca: Cermat Memilih Tas Traveling, Biar Nyaman Dan Tidak Ribet

Konstipasi ini juga sering terjadi saat berada di pesawat saat traveling. Belum lagi karena susahnya akses ke toilet dalam perjalanan juga mengganggu sistem pencernaan. Ini juga membuat tidak nyaman untuk BAB sehingga menunda kebiasaan ini sedikit lebih lama.

Persoalan Susah BAB ini juga dipengaruhi oleh perubahan durasi dan waktu tidur. Pola tidur yang terganggu dan berubah saat bepergian menyebabkan tubuh sulit mencerna makanan dibandingkan biasanya. Inilah hal-hal yang menyebabkan sulit BAB saat bepergian jauh.

Baca: 5 Cara Liburan Anti Ribet Tanpa Harus Keluar Kota

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like