Pentingnya Tutup Pentil Ban

JogjaUpdate.com (14/5/17), Salah satu komponen dalam sepeda motor yang sering diabaikan adalah valve cap, atau sering disebut tutup pentil ban. Banyak yang sering mencopotnya dan membiarkan saja kalau hilang. Namun ternyata benda kecil ini mempunyai fungsi penting, sama pentingnya dengan komponen ban lainnya.

Menurut yang dirilis Kompas.com, Ario, pegawai Pro Ban Pondok Kopi di Jl RS Soekanto, Jakarta Timur mengungkapkan pentingnya tutup pentil ban. Tutup pentil ban ini adalah pelindung utama pentil ban dari debu dan air. Selain itu juga berfungsi untuk membuat tekanan udara tetap stabil di dalam band.

Padahal selama ini banyak yang tidak mempedulikan komponen kecil namun penting ini. Padahal resiko jangka panjangnya berpengaruh pada pentil ban. ”Banyak orang yang mendiamkan saja saat tutup pentil bannya hilang. Mereka tidak peduli risiko jangka panjangnya yang membuat pentil gampang rusak,” kata Ario.

Ia pun menjelaskan lebih detail lagi beberapa bagian dalam pentil yang harus dilindungi oleh tutup ini. Tidak hanya tonjokan untuk membuka dan menutup aliran udara, tetapi juga ada per, uliran, dan sil karet. Semua bagian pentil ini akan mudah rusak jika dibiarkan terbuka begitu saja.

Banyak faktor-faktor luar lainnya yang bisa merusak pentil bak jika tidak dilindungi dengan baik menggunakan tutup. ”Air hujan atau genangan biasanya menjadi pemicu karat, karena mengandung kotoran dan debu. Kalau bagian logamnya bisa berkarat, sil karetnya bisa cepat keras. Lama-lama ada kebocoran,” tambah Ario.

Ada banyak variasi tutup pentil ban yang dijual dipasaran, namun berbeda dengan bawakan pabrikan ban. Tidak sedikit tutup pentil variasi yang menggunakan bahan besil. Namun Ario merekomendasikan kalau tutup plastik lebih baik, karena tidak punya kemungkinan memunculkan bibit-bibit korosi.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like