7 Manfaat Curhat Yang Harus Kamu Ketahui

JogjaUpdate.com (13/5/17), Setiap orang pastinya memiliki masalah, yang sebaiknya tidak disimpan sendirian. Banyak yang menganjurkan kalau memiliki masalah itu harusnya mencurahkan isi hatinya atau sering disebut curhat. Manfaat curhat sangat banyak lho, bukan hanya untuk membantu menyelesaikan masalah.

Berikut ini ada 7 manfaat curhat yang seharusnya kamu ketahui:

  1. Curhat dapat mengurangi bahkan membuang rasa sakit. Meski teman curhat kamu tidak dapat memeberikan solusi, tapi dengan didengarkannya pesoalan kamu akan merasa tenang.
  2. Curhat juga bisa meringankan atau bahkan membuang stress. Memendam masalah atau rasa kecewa membuat kamu lebih tertekan dan tidak nyaman. Untuk itu kamu perlu curhat untuk melepaskan beban tersebut.
  3. Curhat juga bisa sebagai obat anti penuaan diri lho. Dengan curhat kamu bisa merasa lebih tenang dan dengan ketenangan ini kerutan di wajah pun berkurang.
  4. Untuk menhadapi masalah, kadang diperlukan sudut pandang lain. Teman curhat kamu akan bisa melihat masalah yang sedang kamu alami dari sudut pandang lain. Dan bisa saja saran-sarannya akan sangat berguna untuk mengampil keputusan.
  5. Menyimpan masalah sebenarnya malam menjadi bom waktu di kemudian hari. Jangan ragu untuk curhat kepada orang yang kamu percayai. Ketika menyimpan masalah akan membaut kamu tidak nyaman.
  6. Tidak cuma saran yang kamu dapatkan, dengan curhat kamu bisa mendapatkan kritik yang membangun. Mungkin akan pedih, namun kritik dari orang lain ini akan sangat berguna. Tidak ada salahnya mendengarkan kritik.
  7. Dengan curhat mungkin saja kamu akan mendapatkan solusi yang tidak terpikirkan selama ini. Karena seperti pada nomor 4 diatas, sudut pandang lain bisa saja melihat jawaban atas masalahmu.

Curhat tidak harus dengan orang lain

Tidak selamanya curhat itu harus kepada orang lain, kepada orang-orang terpercaya atau orang dekat. Namun kamu juga bisa curhat melalui medium-medium lain, seperti menulis misalnya. Atau bisa juga melalui menggambar yang mengisahkan cerita atau apa yang sedang kamu alami.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like