Ini Cara Menyimpan Teh Dengan Benar

JogjaUpdate.com (12/12/17), Buat kamu yang tidak suka ataupun tidak bisa minum kopi, mungkin teh jadi solusinya. Dan minuman teh tidak kalah populer dengan kopi, macam variannya pun juga banyak. Jadi tidak heran banyak orang yang menggemari minuman teh untuk konsumsi harian maupun hobi.

Baca: 5 Jenis Teh Yang Bisa Turunkan Berat Badan

Sayangnya teh membutuhkan cara penyimpanan khusus untuk menjaga kesegaran, aroma dan rasanya. Tempat menyimpan atau kemasan teh pun juga akan mempengaruhi kualitas dan keawetannya. Bagaimana cara menyimpan teh dengan benar agar tetap terjaga kualitas dan keawetannya?

“Lima hal yang sangat menentukan dalam penyimpanan teh adalah cahaya, bau menyengat, oksigen, kelembaban, dan cahaya matahari,” ujar Bambang Larensolo, seorang tea sommelier Indonesia seperti yang dimuat Kompas.com (6/12/17).

Diungkapkan, jika suhu udara lembab atau banyak mengandung uap, maka daun teh akan cepat basah dan lembab. Hal ini sama seperti yang terjadi pada kerupuk melempem karena tidak tertutup dengan rapat. Apalagi ditambah dengan cuaca di Indonesia yang tergolong sangat lembab.

Untuk menyimpan teh dalam jangka waktu panjang, cara terbaik menurut Bambang adalah di tempat dengan pendingin ruangan dan suhu yang konstan seperti kulkas. Namun kendalanya, ketika dikeluarkan dari kulkas akan terjadi pengembunan di permukaan tempat teh tersebut dan menimbulkan kelembaban.

“Tapi ini hanya berlangsung sementara, setelah teh diambil untuk diseduh, maka pengembunan selesai. Daripada kita biarkan lama di suhu ruangan,” tutur Bambang.

Sementara itu, salah satu ahli teh dari Dewan Teh Indonesia, Ratna Soemantri memberikan saran untuk menggunakan dua tempat. Satu berisi daun teh, dan satu tempat lagi untuk menampung tempat pertama tersebut. “Jadi yang akan mengembun itu bagian terluarnya, yang mengalami langsung lonjakan suhu,” terang Ratna.

Selain itu, juga ada tips dari Bambang untuk menyimpan teh di dalam kulkas. Yaitu dengan menggunakan kantung-kantung plastik atau alumunium foil kecil. “Berukuran satu kali seduhan teh 5-10 gram saja. Jadi setelah berembun, daun teh langsung diseduh,” tambah Bambang.

Jika menginginkan menyimpan dalam jangka waktu yang lama,  Bambang dan Ratna menyarankan untuk menyimpan teh di freezer. Seperti tiga atau sampai enam bulan lamanya, teh akan lebih terjaga kualitasnya jika disimpan di frezzer.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like