Hasil Penelitian, Teratur Minum Teh Bantu Tingkatkan Fungsi Otak

JogjaUpdate.com (25/09/2019), Teh adalah minuman yang sangat umum dikonsumsi masyarakat dari berbagai kalangan. Mungkin kamu juga gemar minum teh setiap harinya.

Tahukah kamu, sebuah penelitian menyebutkan kalau dengan teratur mengonsumsi minuman teh dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Penelitian National University of Singapura (NUS) membuktikan kalau mereka yang rutin konsumsi teh punya wilayah otak yang terorganisir lebih daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Baca Juga: Ini 6 Kebiasaan Yang Mebuat Awet Muda

Menurut para ahli, wilayah otak yang lebih terorganisir terkait dengan fungsi kognitif yang baik. Umumnya, fungsi kognitif manusia menurun seiring bertambahnya usia.

Dalam riset ini, peneliti bekerja sama dengan ilmuwan dari University of Essex dan University of Cambridge dalam menganalisis data neuroimaging dari 36 orang dewasa berusia 60 tahun ke atas.

Riset yang telah diterbitkan dalam The Scientific Journal ini, peneliti juga menganalisis faktor-faktor lain seperti kesehatan, gaya hidur, dan kesejahteraan psikologis.

Disebutkan kalau peserta yang mengonsumsi berbagai jenis teh, baik teh hijau, oolong, atau teh hitam, memiliki daerah otak yang saling berhubungan dengan cara efisien daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Es Teh Manis
Es Teh Manis

Feng Lei, pemimpin riset menyebutkan kalau mereka yang minum teh secara teratur memiliki efek perlindungan terhadap kemampuan organisasi otak karena faktor usia.

Hasil riset ini mendukung temuan sebelumnya yang membuktikan konsumsi teh secara teratur dapat mencegah gangguan koneksi antar wilayah otak.

Dalam penelitian berikutnya, direncanakan untuk memeriksa efek samping yang dimiliki teh, dan senyawa bioaktif dalam teh terhadap penurunan kognitif.

Karena menurut Harvard Medical School mengklaim kalau konsumsi teh, terutama teh hijau, dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker hingga diabetes.

Baca Juga: Jebul Dengan Melihat Alam Bisa Membuat Bahagia

Itulah dampak dari rutin minum teh secara rutin dan teratur pada kesehatan otak yang dibuktikan lewat riset dan penelitian.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like