Mana Yang Lebih Menyehatkan, Teh Celup atau Teh Tubruk?

JogjaUpdate.com (14/03/18), Teh adalah salah satu minuman yang banyak digemari dan dikonsumsi oleh orang Indonesia. Selain memiliki banyak varian, teh juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun mana yang lebih baik? teh celup atau teh tubruk?

Banyak yang memilih teh celup karena kepraktisannya, namun bukan berarti teh tubruk lebih buruk. Tidak sedikit yang memilih teh tubruk karena aroma dan rasanya yang lebih kuat. Namun untuk urusan kesehatan, lebih bagus teh celup atau teh tubruk?

Menurut yang dimuat The Kitchn, Steve Schwartz, pendiri dan CEO Art of Tea mengatakan bahwa sebelum dimasukkan ke kantong teh, daun teh diolah menjadi potongan-potongan sangat kecil. Hal ini bisa membuat kandungan kafein serta aroma tehnya berkurang dan tidak alami.

Baca: Ini Cara Menyimpan Teh Dengan Benar

Selain itu, Emma Beckett, peneliti Human Molecular Nutrition dari School of Medicine and Public Health, University of Newcastle mengungkapkan hal yang senada. Menurutnya daun dalam teh tubruk mengandung lebih banyak bahan bioaktif karena permukaannya lebih lebar dan umumnya kualitas daunnya lebih baik.

Sedangkan daun teh dalam teh celup yang telah dipotong kecil-kecil membuat kandungan di dalamnya lebih mudah menguap. Karena itulah mengapa teh tubruk memiliki aroma dan wewangian yang cenderung lebih kuat dibandingkan teh celup.

Baca: Jebul Ampas Teh Bermanfaat Untuk Kecantikan Kulit

Di dalam teh celup, kandungan kafein dan ketekin cenderung telah terdegradasi dalam waktu yang lama. Hal ini membuat kandungan antioksidan di dalam teh menjadi memudar. Penggunaan kantung teh ternyata juga bisa menurunkan kandungan katekin.

Melihat fakta-fakta di atas, dapat kita simpulkan kalau teh tubruk memiliki lebih banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan teh celup. Dalam menyeduh teh tubruk memang tidak semudah teh celup, namun manfaat dan rasanya juga berbeda.

Kalau kamu, lebih suka mana? Teh celup atau teh tubruk?

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like