Ini Cara Menyeduh Teh Dengan Benar Menurut Ahlinya

JogjaUpdate.com (12/05/18), Teh merupakan minuman yang sangat populer, selain mudah didapatkan juga mudah dalam menyiapkannya. Cukup diseduh dengan air panas, tunggu sebentar sampai airnya berubah warna. Apakah seperti itu cara menyeduh teh dengan benar?

Baca: Mana Yang Lebih Menyehatkan, Teh Celup Atau Teh Tubruk?

Seperti diketahui, teh memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun cara menyeduh teh yang salah, bisa mengurangi manfaat dan cita rasanya. Sayangnya, masih belum banyak orang yang tahu bagaimana menyajikan minuman ini dengan baik.

Menurut Neil Phillips, seorang pakar teh menyebutkan kalau kebanyakan orang menyeduh teh selama dua menit saja. Padahal menurutnya, waktu yang paling tepat untuk menyeduh teh adalah selama empat menit. Hal ini karena teh memerlukan waktu lebih untuk mengeluarkan aroma dan cita rasanya.

Baca: Ini Cara Menyimpan Teh Dengan Benar

Waktu empat ini cocok untuk teh hitam, berbeda dengan teh hijau yang tidak memerlukan waktu selama itu. Hal ini karena teh hijau diyakini memiliki aroma dan cita rasa yang lebih kuat dibandingkan teh hitam. Karena itu tidak membutuhkan waktu lama seperti teh hitam.

Selain waktu penyeduhan, ternyata cangkir juga dapat memengaruhi rasa dari teh. Tidak dianjurkan untuk menggunakan cangkir yang terbuat dari tanah liat. Disarankan untuk menggunakan cangkir yang berbahan porselen. Ini untuk menghindari perubahan rasa pada teh.

Itu tadi cara menyeduh teh dengan benar menurut ahlinya. Semoga kedepannya, kamu tidak salah lagi dalam menyeduh dan menyajikan teh. Ingat cara yang tepat, dapat mengeluarkan lebih banyak aroma, rasa, dan khasiat dari teh.

Baca: 5 Jenis Teh Yang Bisa Turunkan Berat Badan

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like