Jebul Ampas Teh Bermanfaat Untuk Kecantikan Kulit

JogjaUpdate.com (2/8/17), Biasanya setelah menyeduh teh, pasti menyisakan ampas yang akan langsung dibuang. Padahal ampas teh ini masih bisa dimanfaatkan lagi lho, jadi jangan langsung dibuang. Jebul ampas teh bermanfaat untuk kecantikan kulit yang bisa didapatkan secara alami.

Seperti diketahui, teh yang banyak digemari berbagai kalangan merupakan minuman yang kaya akan anti-oksidan. Dan menurut banyak penelitian, dengan rutin meminum secangkir teh setiap harinya dapan menurunkan kadar stres, meningkatkan metabolisme tubuh, serta mengurangi risiko kanker.

Tidak hanya itu saja, teh juga berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit. Berikut ini beberama manfaa dari ampas teh untuk kecantikan kulit yang dimuat vemale.com:

1. Mencegah Penuaan Dini

Ampas teh ini bisa memperbaiki jaringan dan elastisitas kulit, juga melawan tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, age spot dan juga kerutan.. Caranya dengan baurkan ampas teh secara merata pada wajah dalam kondisi bersih, kemudian diamkan hingga mengerin. Setelah itu basuh dan bersihkan ampas teh yang menempel dengan air suam-suam kuku hingga bersih.

2. Menyamarkan Kantung Mata

Teh memiliki sifat anti-iritasi dan anti-oksidan tinggi yang dapat mengurangi pembengkakan di area sekitar mata. Caranya, kompres kedua bagian mata dengan ampas teh atau kantung bekas teh celup yang telah dicelupkan dalam air es. Biarkan sampai kamu merasa rileks, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Senyawa Katekin dalam teh bisa melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat. Caranya cukup simple, campurkan ampas teh denga air hingga teksturnya mengental. Oleskan pada kulit wajah yang berjerawat, kemudian diamkan hingga mengering. Lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan cara ini setiap hari hingga masalah jerawat mereda.

4. Mengontrol Produksi Kelenjar Minyak

Teh memiliki kandungan senyawa Polisakarida yang bermanfaat untuk mengatur keseimbangan kadar gula. Dengan terjaganya keseimbangan kadar gula, bisa mempengaruhi produksi kelenjar sebub yang menyebabkan kadar minyak berlebih. Caranya sangat simple kok, sama seperti mengatasi jerawat no 3 diatas.

5. Membantu Pengelupasan Sel Kulit Mati

Ampas teh memiliki tekstur yang cenderung kasar, sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati juga kotoran, debu dan polusi. Caranya baurkan ampas teh pada seluruh permukaan wajah, kemudian pijat lembut area wajah dengan gerakan memutar menggunakan tekanan pelan. Diamkan 5 hingga 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Namun cara ini jangan dilakukan setiap hari, kamu cukup melakukannya satu atau dua kali seminggu saja. Karena untuk menghindari menipisnya lapisan kulit akibat terlalu sering dieksfoliasi. Dan sebaiknya gunakan ampas teh murni, yang tidak mendapatkan campuran seperti gula, susu dan bahan lainnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like