Ini Tips Mengatasi Smartphone Cepat Panas Saat Digunakan

JogjaUpdate.com (12/12/17), Tidak dipungkiri, kini semakin banyak orang yang tidak bisa lepas dari smartphone. Kemana pun pergi akan selalu membawa smartphone. Jika digunakan terus menerus, selain boros baterai smartphone cepat panas. Jika terus-terusan, akan berbahaya bagi komponen di dalamnya.

Bagaimana cara mengatasi smartphone yang jadi panas ketika digunakan? Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi smartphone cepat panas:

1. Lepas casing

Casing atau pelindung smartphone tujuannya adalah untuk melindunginya dari benturan. Namun kelemahan dari penggunaan casing adalah menjebak panas dan tidak bisa keluar. Tidak ada salahnya untuk melepas casing ketika sedang mengisi ulang baterai atau ketika merasa cukup panas.

Baca: Cara Menyimpan Smartphone Dengan Benar

2. Tutup aplikasi

Salah satu penyebab smartphone panas adalah beban berat yang harus dikerjakan oleh CPU, GPU, RAM, dan baterai. Agar tidak cepat panas, tutup beberapa aplikasi yang dirasa tidak perlu ketika menjalankan aplikasi berat seperti game. Dengan menutup beberapa aplikasi yang jalan di latar belakang akan mengurangi beban kerjanya.

3. Hapus file sampah

Segala macam file sampah seperti cache dan cookies yang sudah lama menumpuk juga dapat menyebabkan smartphone cepat panas. Karena banyaknya sampah ini juga ikut membebani kinerja operating sistem smartphone yang akhirnya juga meminta CPU dan teman-temannya bekerja lebih berat.

4. Hindari isi baterai semalam suntuk

Yang semalam suntuk itu wayangan, bukan ngecas smartphone. Terlalu lama mengisi daya baterai juga akan berpengaruh pada masa pakai baterainya. Selain itu bisa membuat smartphone memanas ketika mengisi daya baterai. Lebih bahayanya, ada potensi smartphone meledak saat mengisi baterai kemalamaan.

Baca: Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ngecas Baterai Smartphone

5. Pakai charger original

Jika charger atau pengisi daya baterai kamu rusak, sebaiknya cari yang original dari pabrikan. Jangan pilih yang abal-abal tidak jelas asal-usulnya darimana. Memang dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah ketimbang asli, charger murahan ini salah satu penyebab smartphone cepat panas.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like