Inilah Resep Mengatasi Perut Kembung

JogjaUpdate.com (29/9/17), Perut kembung adalah gangguan pencernaan dimana penderita merasa perutnya tidak nyaman karena terasa penuh, kencang, dan bergas. Selain terasa penuh dengan gas, kadang juga diikuti rasa nyeri hingga menyebabkan kram perut. Lalu bagaimana cara mengatasi perut kembung?

Menurut yang dimuat thethirty.byrdie.com (25/9/17), para ahli mengungkapkan perut kembung disebabkan oleh gaya hidup. Gaya hidup yang tidak sehat yang akhirnya memperngaruhi kesehatan tubuh. Untuk itu, berikut ini ada beberapa resep yang bisa membantu mengatasi perut kembung.

1. Air perasan lemon

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk mengatasi perut kembung, cobalah dengan perasan air lemon segar. Bisa juga ditambahkan dengan sedikit cabai rawit sebagai tonik perasa.

2. Tambahkan rasa pedas

Perut kembung bisa dikarenakan oleh adanya gangguan pada pencernaa. Cabai rawit bisa merangsang pencernaan untuk meredakan gas, meringankan tekanan, dan mengurangi kram di perut.

3. Tambahkan kunyit

Sama halnya dengan cabai rawit, kunyit adalah bumbu dapur yang bisa berfungsi sebagai detoksifikasi. Cobalah tambahkan satu sendok teh kunyit bubuk ke dalam air putih atau teh untuk mengurangi perut kembung.

4. Air kelapa

Selain lemon dan cabai, minum air kelapa juga bisa membantu mengurangi perut kembung. Air kelapa juga membantu tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik.

5. Jahe

Jahe dari dulu dipercaya bagus dalam mengatasi perut kembung, baik dalam bentuk minuman maupun makanan. Jaha dapat mengatasi rasa kram di perut yang bisa menyebabkan kembung.

6. Minuman peppermint

Jika menginginkan minuman yang menyegarkan, selain air kelapa ada teh peppermint yang bisa bantu mengatasi perut kembung. Teh peppermint dan teh jahe adalah dua minuman yang ampuh mengurangi rasa kembung.

7. Asparagus

Asparagus juga bisa membantu dalam mengurangi perut kembung, namun jangan menaburkan garam di atasnya. Sodium dalam garam dapat menyebab perut kembung jadi makin parah.

8. Bayam

Bayam juga bisa membantu mengatasi perut kembung dengan cara mendorong serat melalui saluran pencernaan. Cobalah smoothie bayam dengan campuran bahan lain seperti jahe, kunyit, dan air kelapa.

9. Olahraga

Dengan berolahraga hingga bercucuran keringat juga bisa membantu dalam mengatasi perut kembung dengan ampuh.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like