Ini Tips Mengatasi Sinyal 4G Hilang Tiba-tiba Tanpa Pamit

JogjaUpdate.com (13/02/18), Yang sering menghilang tiba-tiba tanpa pamit bukan cuma gebetan, tapi juga sinyal 4G. Disaat benar-benar membutuhkan koneksi internet di smartphone, tiba-tiba sinyal 4G hilang tanpa sebab. Pastinya hal ini sangat menyebalkan bukan?

Sinyal 4G hilang secara tiba-tiba ini tidak bisa dihindari. Walau kerap mengadu lewat layanan pelanggan operator namun tetap saja terjadi. Lalu apa yang bisa kita lakukan jika mendapati sinyal 4G hilang tiba-tiba dari smartphone, padahal sedang membutuhkan koneksi internet? Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Pindah ke mode pesawat (Airplane Mode)

Jika sinyal di smartphone mendadak hilang, yang pertama kamu lakukan coba memindahkan jaringan ke mode pesawat atau Airplane Mode. Dengan memasuki mode ini, otomatis smartphone kamu tidak terhubung dengan operator dan secara otomatis jaringan ter-refres. Setelah beberapa menit kembalikan ke jaringan 4G.

2. Pindah ke 3G

Cara lain jika tidak mendapatkan sinyal 4G adalah dengan pindah ke 3G only. Sama halnya dengan dengan mode pesawat, dengan pindah ke 3G akan mematikan jaringan LTE atau 4G di smartphone dan membuatnya ter-refres. Setelah beberapa menit, coba kembali lagi ke jaringan 4G

3. Cari ruang terbuka

Sinyal 4G bisa saja terhalang tembok tempat kamu berada, sehingga tidak bisa menangkap secara penuh atau sama sekali tidak mendapatkan sinyal. Pindahlah ke ruangan terbuka atau keluar ruangan, sehingga sinyal 4G bisa menjangkau. Jangan lupa bawa smartphonenya juga, jangan cuma orangnya yang keluar.

4. Restart smartphone

Cara yang paling umu dilakukan banyak orang ketika kehilangan sinyal adalah dengan merestart smartphone miliknya. Dengan melakukan restart smartphone, semua chace termasuk fitur jaringan pada smartphone juga ikut ter-restart.

5. Gunakan aplikasi penguat sinyal

Di toko aplikasi telah tersedia beragam aplikasi yang mengklaim bisa menguatkan sinyal 4G. Namun pada dasarnya alikasi ini melakukan optimasi pada pengaturan jaringan 4G. Walau tidak selama bisa menyelamatkan sinyal 4G, namun dengan aplikasi ini setidaknya membantu agar sinyal lebih stabil.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like