Ini Beberapa Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menggoreng Telur

JogjaUpdate.com (14/10/17), Ketika tidak ada lauk untuk makan, salah satu cara paling mudah mendapatkannya adalah menggoreng telur. Mau itu telur ceplok atau dadar, masakan telur yang digoreng memang mudah dan bisa cepat. Dan pastinya tetap nikmat sebagai lauk pendamping nasi disetiap kesempatan.

Meski menggoreng telur terkesan mudah, tapi ternyata banyak kesalahan yang dilakukan orang. Hah? Padahal kan gampang dan sederhana memasak telur dengan cara digoreng? Berikut ini ada 5 kesalahan umum yang sering terjadi saat menggoreng telur, menurut yang dimuat MSN (12/10/17):

1. Temperatur

Telur adalah bahan masakan yang bisa matang dalam waktu singkat. Oleh karena itu, lamanya waktu memasak telur harus diperhatikan. Begitu juga saat menggoreng telur, api kompor yang sedang menjadi pilihan tepat. Dengan api yang sedang, telur dapat matang dengan baik dan tidak cepat gosong.

2. Wajan 

Wajan untuk menggoreng telur perlu untuk diperhatikan, disarankan menggunakan yang anti lengket. Akan lebih baik lagi jika memiliki satu wajan anti lengket yang khusus didesain untuk menggoreng telur. Selain wajan tidak mudah rusak, telur yang digoreng juga matang dengan baik.

3. Bumbu

Bumbu bisa saja dianggap hal sepele, namun bisa berakibat fatal. Jika menggoreng telur, pastikan tidak memberikan bumbu secara berlebihan. Jika berlebihan, telur akan terasa kurang enak untuk dimakan. Sedikit bumbu saja sudah cukup membuat rasa telur jadi berbeda.

4. Memecahkan telur

Jangan memecahkan telur di sisi wajan, karena beresiko serpihan cangkangnya ikut masuk tergoreng. Ambil piring datar, kemudian pecahkan telur dengan sendok dan tuang ke piring tersebut. Dengan piring datar, akan lebih mudah melihan dan menyisihkan jika ada serpihan cangkang yang ikut masuk.

5. Penyajian

Telur yang digoreng akan lebih nikmat jika disantak sesegera mungkin selagi masih hangat. Jika dibiarkan terlalu lama dan menjadi dingin, telur akan memiliki rasa berbeda juga kurang nikmat untuk disantap.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like