Tips Memasak Gorengan Renyah Awet Tahan Lama Tanpa Dicampur Plastik Dan Lilin

JogjaUpdate.com (30/03/18), Gorengan renyah paling nikmat disantap saat masih anget-angetnya. Namun ketika sudah dingin, biasanya gorengan akan lembek dan kehilangan kerenyahannya. Karena itulah banyak orang yang berusaha membuat gorengan tetap renyah walau sudah dingin.

Baca: Tips Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket Dan Hancur

Tidak jarang ditemukan oknum pedagang yang nakal dengan mencampurkan plastik dan lilin untuk membuat gorengan renyah. Cara ini memang membuat kerenyahan gorengan tidak cepat hilang walau sudah lama dingin. Namun jelas tidak sehat untuk kesehatan orang yang memakannya.

Lalu bagaimana caranya membuat gorengan yang renyahnya tahan lama meski sudah dingin? Setelah mencari tahu kemana-mana, akhirnya kami dapat kan rahasianya. Rahasia kerenyahan gorengan yang tahan lama, namun tetap sehat bagi kesehatan.

Baca: Ini Ciri-Ciri Minyak Goreng Yang Baik

Kunci mendapatkan gorengan renyah dan tahan lama ternyata pada adonan tepungnya. Kamu bisa mencampurkan tepung kanji pada adonan tepung terigu yang digunakan untuk membalut gorengan. Perbandingannya,  1 sendok makan tepung kanji untuk 3 sendok makan tepung terigu.

Dengan mencampurkan tepung kanji pada tepung terigu, akan membuat tepung lebih kaku dan renyah setelah digoreng. Kerenyahan gorengan ini bisa bertahan cukup lama meski telah dingin. Dan pastinya tepung kanji tidak memberikan dampak negatif pada kesehatan.

Selain dicampur tepung kanji, yang perlu diperhatikan adalah ketebalan tepung. Saat melumuri gorengan dengan adonan tepung, jangan terlalu tebal. Tepung yang terlalu tebal akan menyerap minyak di bagian dalam lebih banyak. Tepung yang terlalu tebal akan membuat gorengan tidak terlalu renyah.

Baca: Petai Enak Digoreng, Bakar, Rebus Atau Dimakan Segar?

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like