Dua Fitur Penting Untuk Berkendara Saat Hujan, Tapi Sering Disepelekan

JogjaUpdate.com (19/10/17), Walaupun sudah ada prakiraan cuaca, namun kapan datangnya hujan tetap susah untuk di prediksi. Ketika hujan tiba akan menyulitkan untuk berkendara, termasuk mobil. Pastikan sederet perlengkapan yang menunjang berkendara saat hujan tiba.

Ada beberapa fitur penting dalam mobil yang sangat berguna ketika berkendara saat hujan. Namun fitur penting ini sering disepelekan, sehingga tidak berfungsi dengan baik saat dibutuhkan. Kedua fitur penting ini adalah wiper dan washer, yang tugasnya menjaga visibilitas atau pandangan pengendara.

Fungsi wiper ini sangatlah penting di saat hujan, karena tugasnya untuk menyeka air di kaca. Guyuran air hujan yang memenuhi kaca depan mobil akan menghalangi pandangan pengendara. Dibutuhkan wiper untuk menyeka air tersebut. Namun sayangnya, jika wiper tidak dirawat dengan baik akan bekerja tidak optimal.

Salah satu masalah yang terjadi adalah wiper yang mengeras, sehingga tidak mampu menyeka kaca dengan baik. Selain itu, wiper yang mengeras juga bisa menimbulkan baret-baret kecil di permukaan kaca. Karena itulah rawat wiper dengan baik, dan jika sudah mengeras segeralah ganti.

Menurut situs resmi Daihatsu, iklim tropis di Indonesia juga mempengaruhi tingkat keawetannya. Disarankan untuk ganti wiper sekitar enam bulan sekali. Terlebih lagi jika mobil sering terparkir di bawah sinar matahari langsung yang bisa membuat bagian karet lebih cepat mengeras.

Fitur kedua yang penting untuk berkendara saat hujan adalah washer, atau semprotan air ke kaca depan mobil. Tanpa alat ini, wiper tidak akan bekerja dengan sempurna membersihkan kaca depan mobil. Semprotan air ke kaca sangat diperlukan, terutama jika hujan sudah mulai berhenti.

Washer juga berguna untuk membersihkan kotoran di kaca karena cipratan dari kendaraan lain. Agar kinerja washer sempurna, pastikan pompa air berfungsi dengan baik. Begitu juga air dalam wadah washer harus diperhatikan. Pastikan tidak ada kerak atau lumut yang bisa menyumbat alirannya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like