Tips Merawat Wiper Mobil

JogjaUpdate.com (27/7/17), Satu hal yang penting dalam keamanan dan keselamatan berkendara adalah visibilitas atau kemampuan melihat. Karena itulah dalam mobil disediakan wiper untuk menjaga kebersihan kaca depan. Makanya pemilik harus merawat wiper mobil, agar berfungsi dengan baik.

Kenapa harus dirawat? karena alat ini sangat bermanfaat ketika hujan tiba untuk menyapu kotoran dan air. Sehingga pandangan pengemudi tidak terganggu dari hal tersebut. Untuk itulah, wiper di mobil harus selalu diperhatikan dan wajib dalam kondisi prima. Apalagi kondisi cuaca seperti sekarang yang tidak menentu.

Karena posisinya diluar, wiper ini cukup rentan mengalami gangguan seperti panasnya sinar matahari. Belum lagi kondisi kaca yang panas juga membuat wiper cepat untuk mengeras. Ketika sudah kaku dan mengeras, kemampuanya pun sangat berkurang dan beresiko untuk mengores kaca depan.

Seperti yang dimuat Metronews.com, mekanik di Auto2000 Yos Sudarso Jakarta, Abdul Rohman memberikan tips wagar karet wiper tidak cepat mengeras. Yaitu dengan cara mengangkat wiper ketika sedang parkir di bawah terik matahari. Menurutnya, cara ini menghindari karet wiper bersentuhan langsung dengan kaca mobil yang panas.

Selain itu, ia juga menyarankan untuk memperhatikan usia pakai dari karet wiper tersebut. Jika memang sudah berumur dan telah mengeras, sebaiknya diganti dengan yang baru. Hal ini ditujukan agar kaca mobil aman dari goresan karet yang mengeras. Juga untuk mendapatkan pandangan kedepan yang lebih bersih.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like