Tips Memilih Bakso Yang Sehat Dan Aman Dikonsumsi

JogjaUpdate.com (9/6/17), Bakso adalah salah satu makanan favorit bagi masyarakat di Indonesia. Hidangan daging sapi yang berbentuk bulat ini bisa dipadukan dengan berbagai jenis masakan. Namun sayangnya, ada beberapa pembuat atau penjual bakso nakal yang mencampurnya dengan bahan berbahaya.

Berikut ini ada tips memilih bakso yang sehat dan aman dikonsumsi dari Chef Dhea Annisa yang dirilis Kompas.com:

1. Lihat warnanya

Bakso yang memiliki warna abu-abu menandakan penggunaan daging sapi dalam jumah yang cukup banyak. Sementara yang memiliki warna pucat tandanya lebih banyak menggunakan tepung terigu atau bahan tambahan lainnya. Lalu bakso yang menggunakan daging segar tanpa pengawet memiliki warna abu-abu yang lebih gelap.

2. Cek tingkat kekenyalan

Tingkat kekenyalan sebuah bakso dipengaruhi oleh kualitas dafing yang digunan untuk membuatnya. Kalau menggunakan daging sapi yang berkualitas bagus, bakso akan terasa kenyal dan memiliki tekstur garing. Sementara kalau terlalu banyak tepung, bakso akan bertekstur cenderung kenyal tapi keras.

3. Daya tahan bakso

Bakso yang sehat, cuma akan bertahan kurang lebih sekitar empat hari di suhu ruangan. Sementara jika dimasukan ke lemari es atau pendingin kuat hingga seminggu. Lain lagi jika disimpan dalam suhu beku, bisa bertahan selama tiga hingga enam bulan. Untuk meningkatkan daya tahan, banyak pedagang atau pembuat bakso nakal dengan menambahkan pengawet.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like