8 Kuliner Magelang Yang Harus Kamu Coba

JogjaUpdate.com (20/2/17), Kali ini kita bahas sebuah kota yang tidak jauh dari Jogja, yaitu Magelang. Kota ini selain mempunyai sejumlah obyek wisata, juga memiliki beragam kuliner khas yang layak untuk di coba. Berikut ini ada 8 kuliner Magelang yang harus kamu coba kalau tengah mengunjungi kota ini.

1. Wedang Kacang Kebon 

Mungkin banyak yang tidak tahun apa itu Wedang Kacang, atau mungkin baru pertama kali mendengar namanya. Wedang kacang merupakan kuliner khas Magelang, terbuat dari campuran kacang tanah, gula merah, gula pasir, dan ketan. Sangat cocok dinikmati di hawa sejuk Magelang, karena menggunakan kuar air jahe.

Wedang Kacang ini bisa ditemukan di berbagai tempat di Magelang, namun yang ternama adalah Wedang Kacang Kebon. Warung sederhana ini berlokasikan di Jalan Panjang, untuk koordinat lokasimya kamu bisa lihat di sini. Ouw iya, selain Wedang Kacang, disini juga terkenal dengan Sate Pisang dan Tahu Jumbo.

Ujan" enaknya yg beginian….?

A post shared by DENY H (@denydenz) on

 

2. Mangut Ikan Beong

Biasanya mangut itu menggunakan Ikan Lele, namun yang di Magelang ini menggunakan Ikan Beong. Apa itu Ikan Beong? Merupakan jenis ikan sejenis Lele yang hanya bisa ditemukan di aliran Sungai Progo. Ikan ini memiliki kepala dan sungut kayak Lele, namun dagingnya lebih tebar dan durinya lebih sedikit. Untuk Mangut Ikan Beong ini sendiri rasanya lebih pedas namun tetap segar.

Untuk mendapatkan Mangut Ikan Beong ini cukup mudah, banyak disekitaran Candi Borobudur. Terutama di sekitar aliran Sungai Progo dan sepanjang Jalan Raya Borobudur atau Jalan Salaman-Borobudur. Diantara ada Omah Kayoman mangut Ikan Beong, Ndas Beong Kembanglimus, Mangut Beong Borobudur Asli.

Kuliner dulu… #ikanbeong #kuliner #magelang #jawatengah

A post shared by angga permana (@anggakembar85) on

 

3. Kupat Tahu

Kupat Tahu memang dikenal sebagai kuliner ikonik khas Magelang yang tersohor ke mana-mana. Secara bahan dasar isinya sama seperti Kupat Tahu dari daerah lain. Yang berbeda dari Kupat Tahu Magelang terletak pada bumbu dan pelengkapnya, yaitu digunakan irisan kol dan Bakwan. Kupat atau Ketupat, tahu dan bahan-bahan tersebut disiram dengan kuah khas yang terdiriri dari kecap, rempah-rempah, seledri, teluar, tauge dan kacang goreng.

 

Sebagai kuliner ikonik, Kupat Tahu dengan gampang ditemukan di Magelang. Yang ternama untuk Kupat Tahu Pak Slamet yang berlokasi di Jl. Tentara Pelajar, Kemirirejo. Lalu ada Tahu Kupat Bp. H. Pangat di Jl. Sultan Agung No. 32, Kota Magelang dan Kupat Tahu Dompleng Pak Man di Jalan Megelang-Yogyakarta, Mungkid.

 

4. Sego Godog

Biasanya kita mengenal Bakmi Godog atau Mie Rebus, tapi di Magelang ada Sego Godong. Iya, menu ini sebenernya cuma nasi yang dimasak ala Bakmie Godog ala Magelang. Kadang Sego Godog juga dicampuri mie ada juga yang dicampur cakwe. Biasanya di jajakan oleh penjual Bakmie Jawa berdampingan dengan menu-menu normal lainnya, seperti Mie Godog, Mie Goreng, Nasi Goreng.

Penjual Bakmie Jawa yang mempunyai menu Nasi Godog biasanya mulai membuka tempatnya di sore menjelang malam. Beberapa warung ternama diantaranya adalah Pak Broto yang berada di Banjarnegoro, Mertoyudan. Lalu ada Bakmi Pak Man di Jalan Magelang-Purworejo Km. 5, Mertoyudan.

 

5. Sop Senerek

Kuniler satu ini sangat khas di Magelang, namun sayangnya masih tidak sepopuler Kupat Tahu. Sop Senerek ini sebenarnya warisan kuliner Belanda, berasal dari kata snert yang berarti kacang poling. Namun orang-orang Magelang tidak terbiasa dengan kata tersebut, akhirnya dipanggil dengan Senerek. Sama seperti namanya, sop ini berbahan dasar kacang merah. Disajikan bersama bersama daging sapi, wortel, dengan kuah kaldu yang diberi rempah-rempah seperti cengkih, pala, dan merica.

Yang ternama akan menu Sop Senerek adalah warung Bu Atmo di Jl. Mangkubumi, Magelang. Walau hanya dengan warung kecil yang sederhana, Sop Senerek Bu Atmo ini ternama hingga kemana-mana. Kalau ke Magelang jangan lupa cicipi Sop Senerek ini, karena ini kuliner kebanggan masyarakat Magelang.

 

6. Getuk Trio

Kuliner ikonik Magelang tidak hanya Kupat Tahu, namun ada juga Getuk Trio yang laris jadi oleh-oleh. Getuk merupakan makanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ubi kayu dan gula. Uniknya, di Getuk Trio ini terbagi menjadi tiga bagian yang memiliki warna berbeda beda. Selain itu, Getuk Trio Magelang ini dibuat tanpa bahan pengawet sehingga cuma bertahan 7 hari saja.

Untuk mendapatkan Getuk khas Magelang ini cukup mudah, karena banyak tersedia di warung-warung. Dan selalu ada di pusat-pusat oleh-oleh dan tempat wisata. Selain merk Trio sendiri ada macam-macam merk lainya, seperti Getuk Tiga Warna Eco.

Getuk Trio from Magelang ?? #jualgetuk #getukmagelang #getuktrio #getukjogja #getuk

A post shared by Bakpiaku and Jogja Snack (@snack_foodies) on

 

7. Es Murni

Nama Es Murni memang ternama di berbagai daerah, namun ada restoran es legendari di Magelang. Restoran Es Murni di Magelang ini telah berdiri sejak tahun 1962. Menu yang ditawarkan cukup beragam, diantaranya ada Es Doger, Es Burjo, Es Campur Ayu, dan Es Durian. Selain itu juga tersedia beragam makanan seperti Gado-gado, Bistik Galantine, Sop Iga Sapi dan beragam lainnya.

Restoran Es Murni memang memiliki banyak cabang di beberapa daerah, namun pusatnya berada di Jl Sriwijaya No 28, Magelang. Dan restoran pusat inilah yang biasanya paling ramai dipadati para pelanggan.

 

8. Es Krim Toko Roti Mahkota

Magelang ini sebenarnya lokasi yang memiliki hawa sejuk, namun kenapa banyak es krim enak di sini? Selain Es Murni, ada ada Es lain yang tidak kalah legendaris di Magelang. Yaitu Es Krim yang ada di Toko Roti Mahkota yang bercitarasa jadul dan dibungkus alumunium foil. Selayaknya toko roti, juga di jual beragam kue yang tidak kalah enak.

Toko Roti Mahkota yang cukup kecil ini berlokasikan di Jl Ahmad Yani No 41. Banyak yang susah menemunkan toko ini, karena bentuknya yang sederhana dan tidak memiliki papan nama yang mencolok.

Legenda di Kota Magelang ?

A post shared by Myrnawati Savitri (@inamyrna) on

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like