Tutorial Membeli Ketupat di Pasar

JogjaUpdate.com (10/06/18), Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan sajian ketupat Lebaran. Banyak yang membuat sendiri ketupat lalu memasaknya. Namun ada juga yang tidak sempat, memilih untuk membeli ketupat di pasar.

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Ketupat Dengan Mudah

Sebelumnya, JogjaUpdate telah membuat tutorial membuat sendiri ketupat. Namun tanggapan Warganet lebih memilih membeli ketupat di pasar. Untuk itu, inilah tutorial membeli ketupat untuk lebaran di Pasar.

1. Tentukan mau beli matang atau kosongan

Ketupat kosongan buat kamu yang ingin memasaknya sendiri tapi tidak mau menganyam sendiri. Yang mau ketupat matang buat kamu yang ingin langsung menyantapnya tanpa susah-sudah memasak.

2. Tentukan kapan mau belinya

Jika membeli ketupat matang jangan jauh-jauh hari, nanti saat Lebaran tiba ketupatnya sudah basi. Beda dengan ketupat kosongan, jangan beli mepet hari raya karena butuh waktu lama memasaknya.

3. Tentukan beli di mana

Kamu harus tahu di mana pasar terdekat untuk bisa membeli ketupat matang. Beda dengan ketupat kosongan, biasanya seminggu sebelum lebaran sudah banyak yang menjual di pinggir-pinggir jalan.

4. Berangkat membeli ketupat

Saat berangkat membeli tidak usah buru-buru, utamakan keselamatan. Jangan lupa pikirkan cara bawa pulangnya, mau digantung atau dikresekin. Jangan sampai tercecer di jalan.

Baca Juga: Ini Tips Menyimpan Kue Lebaran Agar Tahan Lama Dan Terjaga Rasanya

5. Temukan penjual ketupatnya

Saat sampai di pasar atau tempat penjual ketupat, langsung cari penjualnya. Jangan salah orang, nanti kamu dapat getuk bukan ketupat.

6. Tanya harga dulu

Tanyakan dahulu harganya berapa, jangan langsung bayar. Karena harga menjelang lebaran biasanya naik, jangan sampai uang yang kamu bawa kurang. Kalau kemahalan cari penjual lainnya, atau coba ditawar.

7. Bayar

Setelah deal harga ketupatnya, jangan lupa untuk membayar. Karena ini transaksi jual beli, bukan minta-minta atau minjam. Bayar saja dengan cash, tidak semua penjual ketupat terima pembayaran pake kartu.

8. Pamitan

Setelah selesai transaksi, sebelum pulang jangan lupa pamitan dulu sama penjualnya. Terus kembali ke kendaraan kalau bawa kendaraan.

9. Pulang

Setelah selesai dan mendapatkan ketupat yang diinginkan, jangan lupa untuk pulang. Hati-hati di jalan, utamakan keselamatan jangan sampai ketupatnya tercecer. Ingat keluarga menunggu kamu dan ketupatnya di rumah.

Baca Juga: 7 Menu Yang Cocok Disajikan Dengan Ketupat Lebaran

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like