Ini 7 Cara Cepat Sembuh Dari Pilek Yang Menjengkelkan

JogjaUpdate.com (15/02/18), Pilek yang kelihatannya ringan dan tidak berbahaya namun sangat mengganggu. Bahkan kadang pilek bisa bertahan berhari-hari yang membuat menjekelkan. Lalu bagaimana cara cepat sembuh dari pilek yang menjengkelkan ini?

Berikut ini ada 7 cara cepat sembuh dari pilek yang menjengkelkan menurut yang dimuat shape.com.sg:

1. Berhenti olahraga untuk sementara

Tubuh kita perlu banyak energi untuk bisa cepat sembuh dari penyakit. Jadi untuk sementara waktu jangan olahraga atau melakukan aktivitas berat. Jika memang ingin berolahraga, bisa memilih yang ringan seperti peregangan tubuh.

Baca: Benarkah Makan Es Krim Bikin Batuk Dan Pilek? Ini Penjelasan Dokter

2. Mandi air hangat

Ketika badan terasa pegal-pegal dan hidung mulai tersumbat, cobalah untuk mandi menggunakan air hangat. Cara ini akan membuat otot-otot menjadi lebih rileks dan tubuh pun merasa lebih nyaman. Dengan kondisi nyaman ini akan membantu mempercepat penyembuhan penyakit seperti pilek.

3. Pijat wajah

Untuk mengatasi pusing dan hidung tersebat, kamu bisa memijat beberapa titik di wajah menggunakan ujung jari. Lakukan pijatan dengan lembut di bagian batang hidung, area antara hidung dan tulang pipi, serta area di antara alis dan tulang hidung.

Baca: Tips Mengatasi Wajah Lelah Agar Selalu Tampil Segar

4. Makan buah dan sayur

Pilek dapat membuat nafsu makan berkurang, padahal tubuh sedang butuh nutrisi dan gizi yang lebih banyak untuk proses penyembuhan yang lebih cepat. Cara mengatasinya yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar.

5. Sinar matahari pagi

Ketika pilek, rasanya ingin berdiam diri di rumah saja. Tapi jika ingin cepat sebuh dari pilek, cobalah hidup udara segar dan mendapatkan sinar matahari pagi. Cara ini membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan mempercepat proses pemulihan dari pilek.

Baca: Inilah 7 Makanan Sehat Yang Mampu Mencegah Jerawat

6. Bawang putih

Bawang putih dikenal memiliki kandungan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh melawan virus. Cobalah memperbanyak makanan yang mengandung bawang putih selama pilek agar bisa cepat sembuh. Nggado bawang putih juga bisa, asal jangan banyak-banyak.

7. Istirahat total

Sebelum pilek benar-benar datang, sebenarnya tubuh kamu sudah merasakan beberapa tanda-tanda. Jika tanda-tanda lelah dan tidak enak badan, sebaiknya segera meluangkan waktu untuk istirahat total. Biarkan tubuh untuk istirahat total dan mengembalikan kekebalan akan penyakit.

Baca: Ini 5 Cara Alami Meredakan Migrain

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like