Wajib Tanam Pohon Dulu di ‘Kampung Edukasi Watu Lumbung’ Bila Ingin Pesan Makan dan Minum

Yogyakarta (14/09/15), Di daerah tandus bagian Jogja Selatan, tepatnya di daerah bekas jalur gerilya Jenderal Soedirman, Kretek, Bantul ada sebuah perkampungan unik dengan pemandangan menawan.

Tempat yang diberi nama ‘Kampung Edukasi Watu Lumbung’ mencoba menanamkan sisi edukasi kepada masyarakat yang datang ke tempat ini. Tempatnya sendiri tidak jauh dari pos TPR Parangtritis. Setelah melewati jembatan Kretek belok ke kiri arah Siluk. Dari Jembatan sudah terlihat bangunan dari bambu di atas bukit.

Keunikan Watu Lumbung adalah kita diharuskan menanam pohon buah dan sayur dahulu jika ingin membeli makanan dan minuman disini. Dengan didampingi supervisi, anak-anak bisa berkegiatan menanam pohon bersama ayah. Sementara ibu-ibu bisa memasak sendiri didapur yang disediakan.

Area dengan luas sekitar 25 Hektar ini terbagi menjadi beberapa bagian. Area pertama yang bisa dikatakan sebagai lobi dari Watu Lumbung adalah warung Mbah Boy dengan tema menanam pohon. Tidak jauh dari situ ada lagi warung dengan tema buku, yakni kita membayar makanan dan minuman hanya dengan tiga buah buku layak baca.

Ada juga area hutan bambu dan hutan pisang tidak jauh dari kedua area ini. Pengelola Watu Lumbung, Boy Rifa’i berujar “kami hanya ingin mengedukasi masyarakat untuk sadar lingkungan hidup, jika tidak ingin di edukasi mending tidak usah datang ketempat ini”.

Untuk menu makanan dan minuman yang ditawarkan disini cukup menarik karena tidak disemua tempat ada. Seperti Kimpul goreng, jingking, sidat, wader, dan kalkun. Sementara untuk minumannya adalah wedang sereh yang diunggulkan.

Pemandangan matahari tenggelam di laut selatan sambil wedangan bersama keluarga dan sahabat merupakan sebuah kenikmatan yang tidak terbayarkan.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like