7 Cara Akali Ruang Sempit

JogjaUpdate.com (10/4/17), Dengan terbatasnya lahan untuk mendirikan rumah, tidak sedikit yang harus memutar akal untuk mengatur rumah. Termasuk harus mencari akal bagaimana mengakali ruangan sempit karena terbatasnya lahan untuk membangun. Tapi tenang, ini ada 7 cara untuk akali ruang sempit menurut desainer interior Tim Clarke.

1. Cukup cahaya

Biarkan jendela ventilasi memasukan cahaya yang cukup dari luar masuk ke dalam ruangang. Kalau perlu alirkan kembali cahaya yang masuk menggunakan cermin berlawanan arah dari sumber cahaya. Dengan cahaya yang cukup merata ke seluruh sisi ruangan, akan menjadikannya terasa lebih lega.

2. Ilusi mata

Mainkan beberapa ilusi mata yang bisa menipu penglihatan seolah-olah ruangan menjadi lebih lega. Beberapa cara dapat dilakukan seperti menggunakan rak buku terbuka, atau berapa perabot yang memperlihatkan dinding belakang. Hal ini akan menciptakan ilusi ruang seolah-olah terasa lebih luas. Hindari juga perabotan yang terlalu banyak menutupi dinding.

3. Bermain pola

Kamu bisa memainkan pola-pola, mulai dari lapiasn tekstur di bantal dan karpet. Buatlah pola yang berkesinambungan, dan tetap simbang tanpa ada yang terlalu mencolok sendiri. Semua pola harus berperan sebagai pendukung dan saling melengkapi. Jangan sampai ada satu pula yang mencolok sendiri.

4. Beragam ukuran perabot

Tim Clarke mencampurkan skala ukuran perabot untuk menjaga kamar dari kesan monoton dan sempit. Dia memilih satu bagian dalam ruang sebagai pondasi besar, seperti sofa. Kemudian di sekitarnya, ia menambahkan sejumlah tempat dudu dan beberapa aksen yang memiliki ukuran lebih kecil.

5. Perabot berkaki panjang

Perlu trik khusus untuk memilik perabotan-perabotan seperti meja agar rungan tidak terksan penuh. Kita juga bisa memainkan ilusi mata menggunakan perabot seperti meja samping, meja kopi, dan beragam kursi antik. Pilihlah yang memiliki kaki panjang, sehingga pandangan tidak tehenti di situ.

6. Perlakukan ruang luar seperti di dalam

Kamu juga bisa memperlakukan area luar ruangan selayaknya dalam ruangan, atau bisa menyambungnya. Seperti membuat pintu ruangan terbuka untuk menyatukan ruang tamu dengan ruang teras. Bisa juga menggunakan perabotan yang tema sama atau terhubung antar dalam ruangan dengan luar ruangan.

7. Padukan keanehan

Jangan ragu menampilkan keanehan, berkreasilah dengan bagian-bagian dari tata ruang yang terasa sedikit termisah. Malahan Tim Clarke membuat ruangan kecil baru di dalam sebuah ruangan yang sempit. Seperti sidut ruang baca yang dilengkapi dengan jendela dan kursi. Atau beberapa area kecil lainnya yang terkesan terpisah di dalam ruangan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like