Tips Memasak Ikan Tidak Amis

JogjaUpdate.com (15/8/17), Memasak ikan bukan persoalan mudah, apalagi berurusan dengan bau amis. Karena memang daging ikan akan lebih nikmat disantap jika tidak berbau amis. Bagaimana cara mengatasi masalah ini? Tenang, ada tips memasak ikan tidak amis dari para Juara Lomba Masak Ikan Nusantara.

Seperti yang dimuat Liputan6.com, Narti Buo asal Gorontalo mendapat juara 3 dengan menyajikan Ikan Santan Goroho. Ia membagikan tips menggunakan air jeruk untuk membuat ikan tidak amis. Air jeruk dilumurkan ke seluruh bagian ikan, dari luar hingga dalam. Cara inilah yang ia terapkan dalam lomba masak.

Kemudian juara 2 Ruben Jeremia, perwakilan Jakarta menyajikan Gabus Pucung Sambel Pete. Ia menggunakan teknik yang sama dengan air jeruk, namun ditambahkan dengan asam jawa sebagai ramuan anti amis. Beberapa pilihan lainnya yang bisa digunakan adalah sereh dan daun kecombrang yang dihaluskan kemudian dibalurkan ke seluruh bagian ikan.

Sedangkan sang juara pertama, Abdul Kadir dari Pontianak dengan Botok Ikan Masak Putih. Ia menggunakan cara lain untuk mengatasi bau amis. Yaitu dengan mengkombinasikan daun mengkudu yang dipotong tipis kemudian dibalurkan ke seluruh tubuh ikan. Pahitnya darun mengkudu ini ampuh untuk menghilangkan rasa amis pada ikan sebelum diolah.

Itulah tadi tips memasak ikan tidak amis dari ketiga jawara Lomba Masak Ikan Nusantara. Bisa kamu coba sendiri tips-tips mereka, karena mudah dan bahan-bahannya banyak tersedia. Semoga tips diatas bermanfaat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like