Yang Lain Liburan Tapi Kamu Harus Tetap Ngantor? Ini Cara Tetap Produktif di Musim Liburan

JogjaUpdate.com ~ Musim liburan adalah dimana banyak orang berbondong-bondong meninggalkan rutinitas sehari-hari untuk refresing atau liburan. Namun tidak semua orang bisa meninggalkan pekerjaannya di musim liburan. Beberapa orang harus tetap ngantor sedangkan teman-temannya sudah liburan.

Baca: 3 Cara Sederhana Untuk Kurangi Stres Saat Bekerja

Ketika kantor-kantor sudah mulai sepi ditinggal liburan, pasti akan menurunkan semangat orang-orang yang masih harus kerja. Bagaimana caranya agar tetap produktif di kantor saat musim liburan? Berikut ini beberapa caranya menurut yang dimuat Kompas.com (28/12/17):

1. Jangan mengirim banyak pesan tentang pekerjaan

Kemungkinan besar, beberapa klien atau partner kerja sedang asik berlibur. Jadi sebaiknya kamu tidak menghubungi mereka dalam urusan pekerjaan. Kecil kemungkinan mereka akan membalas email atau pesat terkait pekerjaan. Bukan salah mereka jika tidak membalas email atau pesan mengenai pekerjaan, kan lagi liburan.

Baca: 5 Cara Liburan Anti Ribet Tanpa Harus Keluar Kota

Menurut Nick Douglas, salah staf di Lifehacker mengatakan terlalu banyak mengirimkan email tentang pekerjaan pada musim liburan bukanlah hal yang efektif. “Kecuali e-mail tersebut benar-benar penting, jangan repot-repot untuk mengirimkannya. Anda bisa menundanya terlebih dahulu,” ucap Nick Douglas.

2. Gunakan waktu untuk hal-hal yang perlu fokus lebih

Hal positif yang kamu dapatkan ketika harus ke kantor di saat musim liburan adalah susaana yang sepi. Suasana sepi akan membuat kamu bisa lebih konsentrasi dan fokus pada pekerjaan. Ini saatnya kamu mengerjakan proyek besar atau pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan fokus lebih, siapa tahu bisa dapat promosi.

Baca: Apakah Bangun Pagi Bisa Tingkatkan Produktivitas?

3. Makan siang dengan orang lain

Ketika teman-taman pada liburan, kini saatnya kamu mengenal rekan kerja lainnya. Menurut yang dimuat Mental FLoss, Kate Rockwood seorang wartawan freelance, mengatakan bahwa ketika kebanyakan orang tidak berada di kantor, kamu harus mengundang seorang rekan kerja untuk makan siang bersama dan mendengarkan saran darinya.

Menurutnya, kamu bisa mengajak teman kantor untuk melakukan aktivitas di luar pekerjaan dan bersosialisasi dengan orang baru di kantor. Memiliki banyak teman akan sangat berguna disaat krisis nantinya.

4. Berdiskusi dengan atasan

Beberapa perusahaan memiliki review performa pekerjaan saat akhir tahun. Tapi jika tidak ada, kamu bisa bertanya langsung pada atasan. Kamu bisa membicarakan gagasan, kekhawatiran, dan kemuajuan perusahaan. Inilah saat yang tepat untuk menemui atasan dan mendiskusikan performa kamu selama ini. (291217)

Baca: Libur Long Weekend Tidak Harus Bepergian, Banyak Kok Aktivitas Menarik Di Rumah

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like