Ini 5 Cara Meningkatkan Percaya Diri

JogjaUpdate.com (10/9/17), Berbicara di depan umum, memimpin kelompok dan berurusan dengan orang banyak, bagi sebagian orang ini menakutkan. Hal ini karema mereka tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi, sehingga terlihat menakutkan. Untuk dapat menghadapinya harus dengan cara meningkatkan percaya diri.

Dengan meningkatkan percaya diri, seseorang tidak hanya dapat melakukan beberapa hal tersebut, juga masih banyak hal lain. Juga menghindarkan diri menjadi orang yang pendiam, menjauh dari lingkungan, dan susah bergaul. Lalu bagaimana caranya meningkatkan rasa percaya diri?

Berikut ini ada beberapa tips atau cara untuk meningkatkan rasa percaya diri menurut yang dimuat Tinybuddha.com (7/9/17):

1. Jauhkan Pikiran Negatif

Hal utama yang menyebabkan hilangnya rasa percaya diri adalah ketakutan. Bisa ketakutan akan banyak hal negati, yang belum tentu terjadi. Mulailah menjauhkan pikiran negatif, karena akan menghambat untuk maju dan percaya diri. Lakukan secara bertahap dan tanam pikiran positid untuk menjadi orang yang lebih baik.

2. Perbaiki Penampilan

Penampilan juga bisa mempengaruhi bagaimana orang lain menilai. Karena tidak jarang orang yang berpenampilan kurang menarik, tidak pernah jadi pusat perhatian. Cobalah untuk mengubah style dan bergaulah dengan lebih banyak teman. Dengan begitu mereka akan lebih perhatian dengan kehadiran kamu. Penampilan yang rapi dan menarik, akan menjadi nilai tambah kamu.

3. Melatih Diri

Kepercayaan ini juga bisa dilatih, karena memang tidak datang dengan begitu saja. Dengan melatihnya, rasa kepercayaan diri ini akan menjadi sebuah kebiasaan. Misalnya dengan berbicara di depan kaca untuk melatih cara bicara. Secara perlahan akan memperbaiki diri dan membuat rasa percaya diri itu timbul.

4. Melihat Referensi

Untuk sebuah hal yang baik tidak ada salahnya mencontoh orang lain. Temukanlah orang yang menurut kamu memiliki kepercayaan diri yang baik dan dapat dijadikan contok. Cobalah melihat bagaimana orang tersebut menyampikan sesuatu dan melakukan hal yang menurut kamu sulit. Dengan begitu, akan memotivasi untuk memulai meningkatkan rasa percaya diri.

5. Ambil Risikpo

Untuk dapat mencapai kesuksesan memang membutuhkan proses dan tidak jarang mengalami banyak kegagalan. Jika gagal dalam percobaan pertama, jangan langsung putus asa dan menyerah. Beranikan diri untuk menerima risiko dan kegagalan. Karena dengan semakin banyak gagal, semakin banyak kamu mengetahui kelemanan diri.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like